Saat-saat Terakhir Brigadir Joshua Terkuak, Ternyata Lagi Santai di Taman Rumah, Tiba-tiba Dipanggil Ferdy Sambo Lalu Dieksekusi

Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir Joshua (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA –- Saat-saat terakhir Brigadir Joshua di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga atau TKP pembunuhan, terkuak. Ternyata Brigadir J lagi santai di taman rumah lalu dipanggil Ferdy Sambo.

Saat-saat terakhir Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir Joshua sudah terungkap.

Brigadir Joshua sedang berada di taman pekarangan rumah atau teras rumah sebelum peristiwa penembakan terjadi di dalam rumah dinas Duren Tiga.

Irjen Ferdy Sambo lalu meminta Brigadir Joshua untuk masuk ke rumah dinasnya di Duren Tiga, Jakarta Selatan.


Tak lama setelah itu, ujung cerita pemanggilan Brigadir Joshua ke dalam rumah dinas ini berakhir dengan tewasnya Brigadir Joshua dengan beberapa luka tembakan.

“Semua saksi kejadian menyatakan Brigadir Yoshua, almarhum, tidak berada di dalam rumah, tapi di taman pekarangan depan rumah,” kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga :

Kapolri Tak Main-main, Polisi yang Tangani Laporan Palsu Istri Sambo Bakal ‘Disikat’, Ini Kata Brigjen Andi

Komjen Agus mengaku mendapatkan informasi tersebut berdasarkan keterangan para saksi di lokasi kejadian yaitu Bharada Eliezer, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf.

Komjen Agus mengatakan Brigadir Joshua kemudian masuk ke dalam rumah setelah dipanggil Ferdy Sambo.

“Almarhum J masuk saat dipanggil ke dalam oleh FS,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM menerima rekaman video berdurasi satu jam terkait peristiwa penembakan yang menewaskan Brigadir Joshua atau Brigadir J.

Disebutkan bahwa ada komunikasi antara Ferdy Sambo dengan istrinya, Putri Candrawathi, sehingga mempengaruhi penembakan terhadap Brigadir Joshua.

“Dalam rekaman video yang kami dapatkan, kurang lebih 1 jam, yang kita juga tadi tanyakan apa yang terjadi dalam peristiwa itu, dan ternyata memang ada komunikasi antara Pak Sambo dan Ibu Sambo sehingga memang mempengaruhi, sangat mempengaruhi peristiwa yang ada di TKP 46 ,” kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga :

Putri Candrawati Bohong, Ternyata Pelecehan dan Percobaan Pembunuhan oleh Brigadir Joshua juga Rekayasa

Anam tidak menjelaskan secara rinci materi percakapan antara Irjen Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi.

Kepada Komnas HAM, Irjen Ferdy Sambo juga memastikan Brigadir Joshua masih hidup ketika tiba di rumah dinasnya di Duren Tiga Jakarta Selatan. (ral/pojoksatu)