Rekaman CCTV Bocor, Begini Detik-detik Ferdy Sambo Eksekusi Brigadir Joshua

Rekaman CCTV detik-detik brigadir Joshua ada di rumah Ferdy Sambo/tangkapan layar

POJOKSATU.id, JAKARTA- Rekaman CCTV asli penembakan Brigadir Joshua bocor ke publik. Rekaman itu pertama kali disiarkan oleh TV CNN Indonesia.

Dalam video tersebut, sekitar jam 15.40 rombongan istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Chandrawati dan Brgadir Joshua tiba dikediaman rumah pribadinya usai pulang dari Kota Magelang, Jawa Tengah pada 8 Juli 2022.

Pada jam itu, Putri Chandrawati yang menggunakan baju sweater hijau muda masuk ke dalam rumahnya sembari diikuti aktifitas ajudan memasukkan barang-barang kedalam rumah Ferdy Sambo.

Brigadir Joshua yang menggunakan kaos putih dan celana jeans berwarna biru ikut masuk kedalam rumah pribadi Ferdy Sambo.


Pada saat itu, istri Ferdy Sambo melakukan tes swab PCR di teras rumah dinas kediaman Ferdy Sambo.

Hingga pukul 15.49 tampak terlihat aktifitas Brigadir Joshua, seperti memasukkan koper dan pakaian kedalam rumah pribadi Sambo dan Putri.

BACA : Ditanya Soal Motif Pembunuhan Brigadir Joshua, Kabareskirm : Biarlah Ini Jadi Konsumsi Penyidik

Keduanya yakni Brigadi Joshua dan Bharada Eliezer terlihat dalam rekaman tersebut ikut melakukan tes PCR.  Hingga keduanya keluar dari rumah Sambo.

Pada jam 17.05 Putri Chandrawati terlihat keluar dalam rumahnya dengan busana yang sama berjalan keluar menuju mobilnya.

Sementara itu, pada jam 17.10 menit menyusul Ferdy Sambo menyusul keluar dan menuju ke mobil dinasnya.

Akan tetapi dalam CCTV depan rumahnya terlihat mobil Patwal menuju arah kediaman rumah dinas Ferdy Sambo.

Sekita jam 17.06 diduga Brigadir Joshua sudah tewas dibunuh para ajudan Sambo. Hingga jam 17.23 diduga Bharada Eliezer mengeksekusi Brigadir Joshua atas perintah Ferdy Sambo.

Pada jam17.23, Putri kembali tiba di kediaman pribadinya dengan menggunakan baju piyama dengan rok pendek. Dalam kesempatan itu, CCTV di kediaman pribadi Ferdy Sambo, sosok Brigadir Joshua sudah tak terlihat lagi.

BACA : Bharada Eliezer Kembali Bikin Pengakuan, Disuruh Mengaku dengan Iming-iming Uang Satu Miliar, Faktanya

Pada jam 18.33, CCTV merekam mobil dinas Avanza Satreskrim Polres Jaksel melintas dari Jalan Duren Tiga Utara 1 arah ke TKP.

Selain itu, adapula mobil mobil Pajero Provos diikuti mobil ambulance melintas di Jalan Duren Tiga Utara, mengarah keluar arah komplek Polri.

Perjalanan iring-iringan kendaran dari TKP menuju Rumah Sakit Polri terekam CCTV dari 7 titik.

Tiga di antaranya dari tempat penitipan motor di samping PGC, Jalan Dewi Sartika dan JPO Halte Busway Kramat Jati.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo telah menetapakan tersangka 4 pelaku pembunuhan Brigadir Joshua. Keempat tersangka itu, salah satunya Irjen Ferdy Sambo.

Keempat tersangka ini memliki perang berbeda dalam menghabisi nyawa Brigadir Joshua.

BACA : Putri Candrawati Menangis Koper Hitam Disita, Mau Tahu Apa Isinya?

Peran Bharada Eliezer yaitu melakukan penembakan terhadap Brigadir Joshua dan RR turut membantu dan menyaksikan penembakan, sementara KM turut membantu dan menyaksikan penembakan Brigadir Joshua.

Lalu, Ferdy Sambo, menyuruh melakukan penembakan dan menskenario peristiwa tersebut seolah-olah terjadi tembak-menembak. Adapun motif Ferdy Sambo memerintahkan ajudannya membunuh Brigadir Joshua masih terus didalami.

“Terkait dengan motif, saat ini sedang dilakukan pendalaman saksi-saksi dan juga terhadap Ibu Putri,” ucap Listyo.

Atas kejadian ini, Ferdy Sambo dijerat dengan pasal pembunuhan berencana, atau pasal 340 KUHP.

Dengan pasal tersebut, Ferdy Sambo terancam hukuman mati atau penjara seumur hidup.(fir/pojoksatu)