Ferdy Sambo Tersangka Kematian Brigadir Joshua, Hidayat Nur Wahid Langsung Singgung KM 50, Bagaimana Pak Kapolri?

Hidayat Nur Wahid atau HNW (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) memuji Kapolri yang berhasil mengungkap kasus kematian Brigadir Joshua dengan menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka.

Kendati demikian, HNW juga meminta kasus KM 50 terkait unlawfull killing terhadap 6 laskar FPI diusut sampai tuntas sebagaimana kasus Brigadir Joshua.

HNW mengatakan hal tersebut untuk mengembalikan kepercayaan publik.

“Jadi, demi keadilan hukum,sudah selayaknya bila Kasus KM 50 terkait gugurnya beberapa Laskar FPI, juga dibuka kembali, dan diusut secara serius, jujur dan tuntas,” kata HNW dalam keterangannya, Rabu (10/8/2022).


“Ini demi menyelesaikan berbagai spekulasi, dan menjaga citra Polisi sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat secara adil,” sambungnya.

Karena itu, lanjut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu tidak ada alasan bagi Kapolri untuk tidak mengusut tuntas kasus 6 laskar FPI ini.

Baca Juga :

Bamsoet Langsung Ketar Ketir, Buru-buru Buat Klarifikasi Diduga Bela Irjen Ferdy Sambo

“Ketika yang menjadi korban adalah anggota kepolisian, tetapi juga ketika korbannya adalah rakyat biasa seperti 6 laskar FPI, harus diusut juga,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, polisi resmi menetapkan Ferdy Sambo tersangka pembunuhan Brigadir Joshua atau Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat.

Pengumuman itu disampaikan langsung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Selasa (9/8/2022).

Dari hasil pemeriksaan ternyata kasus kematian Brigadir Joshua tak adanya tembak menembak di lokasi kejadian.

Bahkan dalam kasus ini, Ferdy Sambo memerintahkan Bharada Eliezer atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E untuk menembak Brigadir Joshua.

“Saya tegaskan, tidak ditemukan fakta peristiwa tembak menembak seperti yang dilaporkan,” tegasnya.

Baca Juga :

Kapolri Ditantang Komisi III DPR, Berani Nggak Bongkar Motif Sebenarnya Kematian Brigadir Joshua?

“Penembakan terhadap saudara J (Joshua) dilakukan oleh saudara RE (Richard Eliezer) atas perintah saudara FS (Ferdy Sambo),” bebernya. (muf/pojoksatu)