BKN Bimtek Usulan Kebutuhan ASN, Kapan Pendaftaran PPPK 2022 Dibuka?

BKN gelar Bimtek penyusunan usulan kebutuhan ASN. (Twitter/@BKNgoid)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Teka-teki kapan pendaftaran PPPK 2022 dibuka hingga kini belum mendapat kepastian dari pemerintah pusat.

Informasi yang beredar, pendaftaran PPPK 2022 baru dibuka setelah pendataan honorer selesai pada 30 September mendatang.

Informasi itu diperkuat dengan adanya tahapan-tahapan pengadaan PPPK 2022, mulai dari sosialisasi, bimbingan teknis (bimtek) pengusulan formasi, penetapan formasi hingga pengumuman pendaftaran PPPK 2022.

Pada Juli lalu, pemerintah baru melakukan sosialisasi Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru 2022 pada Instansi Daerah.


Selain itu, pemerintah juga telah mengumumkan jumlah formasi PPPK 2022 sebanyak 1.086.128 formasi jabatan.

BACA : Tidak Semua Guru Lulus PG Dapat Formasi PPPK 2022, Ini Penyebabnya

Formasi terbanyak dialokasikan untuk PPPK guru 2022 di pemerintah daerah sebanyak 758.018 orang, disusul PPPK non guru 184.239 orang.

Formasi PPPK guru untuk instansi pusat sebanyak 45.000 dan formasi untuk jabatan teknis lain sebanyak 25.554.

Sementara formasi dosen yang berada di bawah naungan Kemendikbud Ristek dan Kementerian Agama (Kemenag) sebanyak 20.000, dan formasi dokter atau tenaga kesehatan di bawah Kemenerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 3.000.

Sedangkan formasi CPNS 2022 sebanyak 8.941 orang. Namun Formasi CPNS hanya diperuntukkan bagi sekolah kedinasan.

BKN Gelar Bimtek Usulan Kebutuhan ASN

Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dibagi menjadi dua jenis, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tahapan pengadaan CPNS dan PPPK 2022 telah dimulai pada Juli lalu. Pemerintah pusat melakukan sosialisasi kepada pemerintah daerah (Pemda).

Selain itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku instansi pembina penyelenggaraan manajemen ASN juga telah menerbitkan pedoman bagi instansi pemerintah pusat dan instansi pemerintah daerah dalam melakukan penyusunan kebutuhan pegawai ASN, baik PNS dan PPPK di lingkup instansi masing-masing.

“Pedoman penyusunan kebutuhan ASN kini merujuk pada Peraturan BKN Nomor 9 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penyusunan Kebutuhan ASN,” demikian penjelasan BKN melalui akun Twitternya, BKN Bimtek Usulan Kebutuhan ASN, Kapan Pendaftaran PPPK 2022 Dibuka? dikutip Pojoksatu.id pada Rabu (9/8).

BACA : Link Pendaftaran PPPK 2022 dan Tahapan Seleksi Tahap 3 Guru

BKN kemudian telah menggelar sosialisasi bimbingan teknis (Bimtek) tentang tata cara pelaksanaan penyusunan kebutuhan ASN yang dilaksnaakan secara hybrid pada Senin (8/8/2022).

Diseminasi sekaligus pelatihan teknis diikuti pengelola kepegawaian atau unit pengelola SDM di seluruh instansi pusat maupun daerah.

Usulan kebutuhan ASN yang disampaikan oleh instansi pusat maupun daerah akan dianalisa oleh BKN.

“BKN melakukan analisis kebutuhan ASN untuk mengidentifikasi kebutuhan pegawai ASN secara nasional berdasarkan rincian hasil penyusunan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan ASN yang disampaikan masing-masing instansi kepada menteri dan Kepala BKN,” sebutnya.

BACA : Kriteria Honorer Bisa Ikut Seleksi PPPK 2022 dan Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Penyusunan usulan kebutuhan ASN, baik PNS maupun PPPK meliputi:

1. Informasi jabatan untuk setiap jabatan yang dibutuhkan

2. Jumlah kebutuhan ASN untuk seluruh jabatan

3. Jumlah ASN yang ada per 1 Desember tahun sebelumnya

4. Jumlah PNS yang mencapai batas usia pensiun (BUP) per 31 Desember tahun sebelumnya

5. Jumlah PPPK yang akan berakhir masa hubungan perjanjian kerja (BMHPK) per 31 Desember tahun sebelumnya

6. Selisih jumlah kebutuhan dengan ketersediaan ASN yang ada

7. Penyusunan kebutuhan ASN untuk 5 (lima) tahun

8. Unuk instansi pusat: karakterisitik instansi pemerintah dan rasio alokasi anggaran belanja pegawai

9. Untuk instansi daerah: kondisi geografis, jumlah penduduk, luas wilayah, pengembangan potensi daerah, dan rasio alokasi anggaran belanja pegawai.

“Hasil identifikasi kebutuhan ASN yang dilakukan BKN ditetapkan menjadi pertimbangan teknis kebutuhan ASN nasional,” tandas BKN.

Lalu kapan penerimaan PPPK 2022 dilakukan? Sampai saat ini pemerintah masih fokus melakukan pendataan honorer. Setelah itu baru pendaftaran PPPK 2022 dibuka. (one/pojoksatu)