Irjen Ferdy Sambo Dibawa ke Mako Brimob Depok, Mabes Polri : Pelanggaran Kode Etik dan Tidak Profesional Jadi Alasan

Irjen Pol Ferdy Sambo langsung dimutasi usai diperiksa Bareskrim Polri jadi Pati non job Polri. Foto: JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA- Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan jika Irjen Pol Ferdy Sambo ditempatkan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok pada Sabtu, 6 Agustus 2022.


Ferdy Sambo ditempatkan di Brimob terkait pelanggaran kode etik karena tidak profesional dalam menangani TKP awal pada Jumat 8 Juli 2022 lalu.

“Jadi tolong dibedakan. Ini adalah keputusan dari Inspektorat khusus. Kalau dari Timsus adalah pro justicia. Yang terpenting itu pro justicia-nya,” tegas Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu, 6 Agustus 2022 malam.


Dedi memastikan status Ferdy Sambo belum menjadi tersangka. Untuk penetapan tersangka adalah kewenangan Tim Khusus.

“Irjen FS dalam hal ini dimintai keterangan. Harap sabar. Semuanya masih berproses. Karena semuanya harus dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan ilmiah,” papar Dedi.

Pada kesempatan itu, Dedi belum menerangkan berapa lama Ferdy Sambo ditempatkan di Mako Brimob.

BACA : Irjen Ferdy Sambo Dibawa ke Mako Brimob, Saguling III Dijaga Ketat

“Soal itu saya belum tahu. Sementara baru itu saja yang bisa saya sampaikan. Nanti setelah ada informasi lain tentu akan disampaikan lagi,” pungkas Dedi.

Sebelumnya, Mabes Polri bergerak cepat. Pada Sabtu, 6 Agustus 2022, Tim Khusus dikabarkan telah menetapkan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo melanggar kode etik.

Ini terkait dugaan pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir Joshua di rumah dinas Ferdy Sambo Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat, 8 Juli 2022 lalu.

Malam ini, Ferdy Sambo kabarnya akan ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok selama 20 hari ke depan.

Sebelumnya, Ferdy Sambo disebut-sebut diperiksa langsung oleh tim khusus yang diketuai Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Informasi yang dihimpun Sambo dibawa keluar dari Gedung Bareskrim sekitar pukul 17.40 WIB.

Sebelumnya, sekitar pukul 13.00 WIB, pasukan Brimob bersenjata lengkap mendatangi gedung Bareskrim Polri.

Tak hanya pasukan. Brimob juga mengerahkan sejumlah kendaraan taktis.

Terkait hal itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan semua pihak pihak diharap bersabar sambil menunggu informasi terbaru dari Timsus Polri. (dhe/pojoksatu/fin)