Periksa Tim Siber Polri, Komnas HAM Ngaku Dapatkan 15 Ponsel, Ada Foto dan Chat Percakapan Tapi Tak Boleh Dibuka

Polisi berjaga di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga saat prarekonstruksi kasus baku tembak polisi yang menewaskan Brigadir J, Jakarta, Sabtu lalu (23/7/2022). Foto: Ricardo/JPNN.com

POJOKSATU.id, JAKARTA — Komnas HAM mengaku mendapatkan 15 ponsel usai memeriksa Tim Siber Polri. Isinya ada foto dan percakapan serta hal lainnya. Namun hal ini tak boleh dibuka.


Usai memeriksa para ajudan Ferdy Sambo, Komnas HAM mengaku telah memeriksa Tim Siber Polri.

Komnas HAM mendapatkan informasi sudah ada 15 ponsel yang dikumpulkan dalam pengusutan kasus tewasnya Brigadir Joshua dari hasil pemeriksaan Tim Siber Polri tersebut.


Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, dari 15 ponsel yang dikumpulkan itu, 10 di antaranya sudah selesai diperiksa.

Sementara 5 ponsel lainnya saat ini masih dalam proses pemeriksaan alias dianalisa oleh tim siber.

Baca Juga :

Kabareskrim Ungkap Barang Bukti Tewasnya Brigadir Joshua Dihilangkan, Eks Kapolres Jaksel Diseret-seret

Dari 10 ponsel tersebut, Komnas HAM mendapatkan informasi terkait temuan foto, dokumen hingga percakapan.

Beka tidak mau menjelaskan lebih lanjut siapa saja pemilik 10 ponsel yang sudah diperiksa tersebut.

“Terus kemudian apa saja kira-kira yang tadi kita atau kami mintai keterangan. Jadi yang kami dapatkan terkait foto, kemudian dokumen, kontak, akun, percakapan chat dan temuan digital lainnya,” ungkap Beka kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat (5/8).

Dalam pemeriksaan, Tim Siber Polri juga memperlihatkan sejumlah dokumen administratif terkait penyelidikan kasus Brigadir Joshua.

Selain itu, Komnas HAM juga disebutnya mendapatkan raw material yang akan dianalisa lebih lanjut.

“Komnas HAM mendapatkan sejumlah row material jadi bahan-bahan dasar gitu lah ya soal percakapan dan lain-lain sebagainya yang itu akan kami analisa lebih lanjut,” pungkasnya.

Diketahui, penyebab kasus penembakan hingga tewasnya Brigadir Joshua masih misteri dan memunculkan banyak spekulasi.

Terlebih setelah keluarga Brigadir Joshua mengunggah sebuah foto berisi screenshot chat yang diduga merupakan pesan dari istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi kepada Brigadir Joshua.

Pakar hukum tata negara Refly Harun mengulas kasus ini dalam video yang diunggah di kanal YouTube Refly Harun para Jumat dinihari (5/8) berjudul “Terkuak Isi Chat Putri Kepala Brigadir J! Spesial!!”.

“Ada versi lain yang kadang-kadang liar. Tetapi karena dia liar, tidak bisa kita sampaikan,” ujar Refly seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Jumat siang (5/8).

Sementara dalam foto yang diunggah bibi Brigadir Joshua, Roslin Emika, berisi sebuah chat dari istri Ferdy Sambo ke Brigadir Joshua yang berbunyi sebagai berikut.

“This is my message in your birthday. Today hopefully whatever you wish n pray for will come true. I hope that hope will also bring happiness. And I’m so gratefull to have you as a bodyguard, friend n family. You’re such a great staff. Hope your birthday is a special as you are. Happy Birthday My great bodyguard SUA”.

Demikian salah satu isi chat istri Ferdy Sambo ke Brigadir Joshua yang sudah menyebar di publik. (ral/rmol/pojoksatu)