Irjen Sambo Makin Terpojok, Bharada Eliezer Bisa Dilindungi LPSK Asalkan Bongkar Dalang Pembunuhan Brigadir Joshua

Irjen Pol Ferdy Sambo mendatangi Bareskrim Polri, Kamis (4/8/2022). Foto: JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA — Pasca Bharada Eliezer ditetapkan tersangka kasus pembunuhan Brigadir Joshua, LPSK angkat bicara perihal pengajuan perlindungan Bharada Eliezer.


Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyebut Bharada Eliezer sebenarnya masih bisa dilindungi meski sudah tersangka asal Bharada E mau membongkar dalang pembunuhan Brigadir Joshua ini.

“Dia (Bharada Eliezer) masih bisa dilindungi,” kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo saat dihubungi pojoksatu.id, Jumat (5/7/2022).


Namun, kata Hasto, perlindungan terhadap Bharada Eliezer itu bisa dikabulkan asalkan yang bersangkutan bersedia bekerjasama dalam mengungkap kasus pembunuhan Brigadir Joshua.

“(Syaratnya) kalau dia besedia dan memenuhi syarat sebagai pelaku yang bekerja sama( Justice Collaborator) dalam mengungkap kasus (pembunuhan),” tegasnya.

Baca Juga :

Ditanya Apakah Penembakan Brigadir Joshua Atas Perintah Irjen Ferdy Sambo, Ini Jawaban Kapolri

Deketahui, Polri telah menetapkan tersangka Bharada Eliezer atas dugaan pembunuhan Brigadir Joshua.

Penetapan Bharada Eliezer usai penyidik melakukan gelar perkara dan mengantongi sejumlah barang bukti dugaan pembunuhan Brigadir Joshua.

Atas ulahnya Bharada Eliezer dijerat Pasal 338 KUHP juncto pasal 55,56 KUHP.

Sementara itu, Irjen Ferdy Sambo resmi dicopot dari jabatan Kadiv Propam Polri.

Pencopotan itu tertuang dalam TR bernomor ST:1628/VIII/KEP/2022. Telegram itu diteken pada 4 Agustus 2022.

Irjen Sambo dimutasi jadi perwira tinggi (pati) Pelayanan Markas (Yanma) Polri. Dan posisi Irjen Sambo digantikan oleh Irjen Syahardiantono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabareskrim Polri. (fir/pojoksatu)