Bharada Eliezer Tersangka Pembunuh Brigadir Joshua tapi Bukan Pasal Pembunuhan Berencana

Bharada E atau Bharada Eliezer akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka pembunuh Brigadir Joshua

POJOKSATU.id, JAKARTA – Bharada E atau Bharada Eliezer tersangka pembunuh Brigadir Joshua. Penetapan itu didasarkan pada hasil gelar perkara.

Dalam gelar perkara itu, penyidik memiliki bukti cukup untuk menetapkan Bharada Eliezer tersangka pembunuh Brigadir Joshua.

Kepastian itu disampaikan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi dalam jumpa pers di Mabes Polri, Rabu (3/8/2022) malam.

Akan tetapi, Bharada Eliezer tidak dijerat dengan pasal pembunuhan berencana.


“Penyidik telah melakukan gelar perkara pada malam ini, saksi sudah kami anggap cukup untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka Pasal 338 KUHP,” ujar Andi Rian.

Andi Rian menyatakan, saat ini Bharada Eliezer berada di Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

BACA: Bharada Eliezer Resmi Ditetapkan Tersangka, Tebak Nasibnya jadi Apa

“Bharada E sekarang ada Bareskrim,” ujarnya.

Selain itu, penyidik juga memutuskan langsung melakukan penahanan terhadap ajudan Ferdy Sambo itu.

“Setelah ditetapkan tersangka kita akan periksa sebagai tersangka, setelah itu kita akan tangkap dan kita tahan,” ujarnya.

Sementara, timsus bentukan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sampai sejauh ini masih terus melakukan penyelidikan dan pengusutan.

Sejumlah bukti sudah didapat timsus usut kematian Brigadir Joshua atau Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat.

BACA: Berubah Lagi, Ternyata Brigadir Joshua sempat Bergulat dengan Bharada Eliezer Sebelum Tewas

Keterangan dan kesaksian juga sudah dikumpulkan. Baik dari keluarga Brigadir Joshua maupun keluarga Irjen Ferdy Sambo serta ajundan dan asisten rumah tangga (ART).

Selain itu, pacar Brigadir Joshua, Vera Simanjuntak juga sudah dimintai keterangan oleh timsus bentukan Kapolri Jenderal Pol Listyo Prabowo itu.

Vera pun mengungkap bahwa dirinya melakukan komunikasi dari Brigadir Joshua, hanya beberapa menit sebelum Jumat berdarah di rumah dinas Ferdy Sambo.

Tepatnya sekitar 17 menit sebelum pukul 17.00 WIB yang jadi waktu kejadian, sebagaimana keterangan polisi.

Timsus juga sudah melakukan otopsi ulang jenazah Brigadir Joshua. Demikian juga rekaman CCTV dari Magelang sampai rumah Ferdy Sambo, juga sudah didapatkan.

BACA: Ayah Brigadir Joshua Marah dan Tak Terima, Mahfud MD Geleng-gelang Kepala

Timsus telah melakukan uji balistik di rumah dinas Ferdy Sambo yang jadi tempat kejadian perkara (TKP) penembakan Brigadir Joshua.

Terbaru, timsus juga memintai keterangan saksi-saksi di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo dan sejumlah saksi ahli. (ruh/pojoksatu)