Satu Lagi Ajudan Ferdy Sambo Ternyata Belum Diperiksa Komnas HAM, Diduga Ada di TKP Tewasnya Brigadir Joshua

Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu memakai pakaian hitam ke Komnas HAM (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Komnas HAM menyebutkan masih ada satu lagi ajudan Irjen Ferdy Sambo yang belum diperiksa. Diduga ajudan ini ada di TKP saat tewasnya Brigadir Joshua atau Brigadir J.

Komnas HAM mengaku akan segera memeriksa ajudan atau aide de camp (ADC) Irjen Ferdy Sambo yang sebelumnya berhalangan hadir untuk memberikan keterangan terkait kematian Brigadir Joshua atau Brigadir Nopryansah Yoshua Hutabarat pada pekan lalu.

“Berikutnya penambahan keterangan dari ajudan yang kemarin belum datang karena ada di luar kota,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di Jakarta, Sabtu (30/7).

Tidak hanya ajudan, Komnas HAM juga akan memeriksa orang-orang yang berada di sekitar lingkup Irjen Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi untuk mengumpulkan sejumlah informasi atau keterangan yang dibutuhkan.


Setelah memeriksa ajudan dan orang-orang yang terkait dengan Irjen Polisi Ferdy Sambo termasuk Putri Candrawathi, Komnas HAM mengagendakan pemeriksaan uji balistik dan hal lainnya yang dapat mendukung proses penyelidikan kematian Brigadir Joshua.

Baca Juga :

Terungkap, CCTV Perlihatkan Irjen Ferdy Sambo Berlari ke Rumah Dinas, Putri Candrawathi Keluar Menangis

Selain itu, Komnas HAM juga masih akan mengumpulkan data-data terkait pemeriksaan siber dan digital forensik.

Sebab, pengumpulan keterangan sebelumnya belum selesai dilakukan.

Seperti diketahui, enam ajudan Irjen Polisi Ferdy Sambo termasuk Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu sebelumnya telah diperiksa Komnas HAM pada Selasa (26/7).

Namun, satu orang ajudan pada hari tersebut tidak memenuhi pemeriksaan oleh lembaga HAM tersebut.(ral/jpnn/pojoksatu)