Pimpinan DPR : Kesimpulan Akhir Penyelidikan Kematian Brigadir Joshua Ditunggu Publik

Brigadir Josua Hutabarat dan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi
Brigadir Josua Hutabarat dan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pimpinan DPR meminta Komnas HAM berfokus menyusun kesimpulan akhir dari penyelidikan kasus penembakan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir Joshua.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad juga meminta Komnas HAM untuk menyusun rekomendasi yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh pemerintah.

“Kesimpulan akhir dari penyelidikan atas kejadian kematian Brigadir J itu yang ditunggu publik. Apakah ada dugaan pelanggaran HAM atas kejadian tersebut dan siapa yang diduga melakukan pelanggaran HAM. Kemudian, apa rekomendasi Komnas HAM untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah,” kata Dasco melalui keterangan tertulis, Minggu (31/7/2022).

Dia juga mengingatkan bahwa Undang-Undang tentang HAM menyebutkan proses pemeriksaan atau penyelidikan Komnas HAM bisa tidak ditindaklanjuti.


Hal itu dilakukan jika ada upaya hukum lainnya atau dilakukan pemeriksaan di peradilan.

Baca Juga :

Kamaruddin Simanjuntak Serang Komnas HAM dan Kompolnas, Pakar Hukum : Bisa Blunder Ini Pengacara

Dasco juga meminta masyarakat bersabar dan memberikan waktu kepada Komnas HAM agar dapat bekerja dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sekali lagi, Ketua Harian Partai Gerindra ini meminta Komnas HAM berfokus bekerja dan menghindari ekspose berlebihan.

“Dalam UU HAM, menjaga kerahasiaan adalah prinsip dasar ya. Untuk itu, kami minta kepada Komnas HAM agar fokus bekerja dan menghindari ekspose berlebihan terhadap temuan awal atau alat bukti lainnya, selama proses penyelidikan berlangsung,” kata Dasco. (ral/pojoksatu)