Seksolog Zoya Amirin Urai Hubungan Brigadir Josua dan Putri Candrawathi, Pelecehan atau Selingkuh ?

Seksolog Zoya Amirin
Seksolog Zoya Amirin

POJOKSATU.id, JAKARTA – Seksolog Zoya Amirin jadi sorotan publik setelah mengurai hubungan Brigadir Josua dan Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo.

Zoya Amirin mengurai hubungan Brigadir Josua dan Putri Candrawathi saat menjadi tamu Podcast Deddy Corbuzier yang ditayangkan pada Rabu 28 Juli 2022.

Zoya Amirin dan Deddy Corbuzier sempat berdebat saat membicarakan hubungan Brigadir Josua dan Putri Candrawati.

Deddy Corbuzier mengatakan pangkat Brigadir Joshua lebih rendah ketimbang Irjen Ferdy Sambo.


Irjen Ferdy Sambo adalah atasan langsung Brigadir Joshua. Ia ditugaskan sebagai sopir istri Ferdy Sambo.

BACA : Hubungan Brigadir Josua dan Istri Ferdy Sambo Diungkap, Pacar Bicara Blak-blakan

Menurut Deddy, tidak masuk akal jika Brigadir Joshua berani melecehkan istri jenderal yang notabene atasannya sendiri.

Zoya Amirin menanggapi pernyataan Deddy. Ia menegaskan pelecehan seksual tidak pandang bulu, bisa terjadi pada siapa pun.

“Jadi gini lho, orang tuh lupa bahwa yang namanya pelecehan seksual itu bisa terjadi pada siapa saja dan pelakunya pun bisa siapa saja,” ucap Zoya.

Lulusan magister (S2) Psikologi Klinis Universitas Indonesia (UI) itu mengatakan dalam kasus pelecehan seksual, semua bisa terjadi.

“Mungkin banyak orang berpikir ‘wah gak mungkin nih, bagaimana caranya dia berani sama yang lebih senior’ tergantung kita memandang dari sisi mana,” kata Zoya.

BACA : Kamaruddin Simanjuntak Bocorkan Hasil Autopsi Brigadir Josua, Semua Luka Diungkap Penyebabnya

Zoya mencoba memandang kasus Brigadir Josua dan Candrawati dari kacamata seksolog.

Seksolog yang menyelesaikan sertifikasinya di Universitas Udayana Bali ini mengatakan, banyak orang yang terlihat pintar, cerdas, tampan, tapi tetap saja melakukan pelecehan seksual.

Dosen Fakultas Psikologi UI itu menambahkan, banyak orang hanya melihat kasus Brigadir Joshua dari sisi drama penembakannya saja.

Menurutnya, masalah pelecehaan seksual seharusnya didalami karena hal itu diduga sebagai penyebab terjadinya penembakan.

“Banyak orang yang fokus soal drama penembakannya saja, karena terlalu banyak skenario, terlalu banyak drama sehingga orang tak terlalu peduli pada dugaan pelecehan seksual,” ucapnya.

BACA : Autopsi Ulang Jenazah Brigadir Joshua, Ibunda Teriak-teriak Sebut Istri Ferdy Sambo

Ia menanggapi pernyataan polisi yang menyebut Putri Candrawati sempat berteriak saat dilecehkan dan diancam oleh Brigadir Josua dengan senjata api.

Zoya tidak mau berspekulasi soal hubungan Brigadir Josua dan istri Ferdy Sambo, apakah selingkuh atau pelecehan seksual.

“Ini katanya ada teriakan, ya kalau memang ada perselingkuhan, kenapa orang enggak mau lihat sisi pelecehannya dulu. Tetap apapun yang terjadi kita kan enggak ada yang tahu,” kata Zoya.

Menurut Zoya, jika benar terjadi pelecehan, istri Ferdy Sambo juga tidak akan buka-bukaan ke publik.

Alasannya, Putri Candrawathi adalah istri jenderal bintang dua. Dia akan malu mengumbar pelecehan yang dialaminya ke publik.

“Boro-boro bisa bicara, dengan kedudukannya sebagai istri Jenderal, terduga korban pasti merasa malu untuk mengumbar bahwa dia mendapatkan pelecehan seksual,” ucap Zoa.

“Bahkan untuk melapor saja dia sudah termasuk mengumpulkan kekuatan lho,” pungkas seksolog Zoya Amirin. (one/pojoksatu)