Honorer Tendik Bakal Demo Besar-besaran Jelang Seleksi PPPK 2022, Ini Penyebabnya

Seleksi PPPK 2022
Ilustrasi tes seleksi PPPK 2022

POJOKSATU.id, JAKARTAHonorer tendik (tenaga kependidikan) mengancam akan melakukan demo besar-besaran jelang seleksi PPPK 2022.

Aksi ini sebagai protes atas kebijakan pemerintah yang tidak mengakomodasi tenaga honorer tendik dalam seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Roni Nugraha, pengurus Forum Honorer Tenaga Kependidikan (FHTK) SMA/SMK/SLB Negeri Kabupaten Garut mengatakan banyak honorer tendik yang mengabdi di atas 20 tahun.

Mereka saat ini hanya menuntut kebijakan pemerintah untuk mengakomodasi honorer tendik dalam PPPK 2022.


“Kami minta diangkat PPPK tanpa tes sama seperti guru honorer,” kata Roni kepada JPNN.com, Selasa (26/7).

BACA : Penempatan PPPK Guru 2022 dari Jawa ‘Terbuang’ ke Kalimantan

Seandainya tendik tidak diakomodasi dalam rekrutmen PPPK tahun ini, lanjutnya, maka, seluruh honorer tendik, bahkan lintas dinas lain akan demo besar-besaran.

“Semoga pemerintah berbaik hati, dilembutkan dan dibukakan hatinya, serta bersikap adil terhadap seluruh tendik untuk meningkatkan kesejahteraan, apalagi bagi yang sudah mengabdi puluhan tahun,” pungkasnya.

Diketahui, pemerintah akan membuka pendaftaran PPPK 2022 dalam waktu dekat. Kuota yang disiapkan pemerintah sekitar 900 ribu lebih.

Pemerintah, bahkan menerbitkan PermenPAN-RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru di Instansi Daerah tahun 2022.

Dalam PermenPAN-RB tersebut, honorer K2 dan guru non-ASN di sekolah negeri dengan masa kerja minimal 3 tahun akan diangkat menjadi PPPK tanpa tes. Sementara honorer tendik justru tidak diakomodir. (esy/jpnn)