Penempatan PPPK Guru 2022 dari Jawa ‘Terbuang’ ke Kalimantan

Bupati Wonogiri Joko Sutopo memberikan arahan terkait penempatan PPPK guru 2022.
Bupati Wonogiri Joko Sutopo memberikan arahan terkait penempatan PPPK guru 2022.

POJOKSATU.id, WONOGIRI – Penempatan PPPK guru 2022 yang lulus passing grade (PG) 2021 mendapat sorotan. Pasalnya, beberapa guru di Jawa mendapatkan penempatan di Kalimantan.

Penempatan PPPK Guru 2022 dari Kabupaten Wonogiri misalnya, sebanyak 79 orang ‘terbuang’ ke luar daerah.

Penempatan PPPK Guru 2022 ke luar daerah langsung disikapi Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menerangkan, sebanyak 79 PPPK itu adalah bagian dari 621 guru tidak tetap (GTT) yang diusulkan menjadi PPPK 2022 oleh Pemkab Wonogiri.


Menyikapi penempatan PPPK guru di luar Wonogiri, Joko Sutopo mengaku telah berkonsultasi dengan Kementerian Aparatur Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) terkait skema yang paling tepat.

“Respons dari kementerian, yang bersangkutan (calon PPPK) harus keluar dari Dapodik (data pokok pendidikan) sekolah inti dan ada re-formasi. Prinsipya 79 calon PPPK guru bisa ditempatkan di Wonogiri,” ujar Joko, Senin (25/7).

BACA : Ini Penentu Kelulusan PPPK 2022 Bagi Pelamar Prioritas dan Pelamar Umum

Re-formasi yang dimaksud Bupati adalah, calon PPPK yang awalnya mendaftar pada formasi guru Bahasa Inggris, diubah menjadi guru prakarya atau mata pelajaran lainnya.

Selain itu, mereka harus mengganti data pokok kependidikan (Dapodik) di sekolah lain di Wonogiri agar penempatannya tetap di Wonogiri.

Konsekuensinya, calon PPPK guru mengajar tidak sesuai dengan latar belakangnya. Contohnya, guru Bahasa Inggris mengajar sebagai guru SD.

“Ora (tidak) masalah. Pasti mampu. Yang terpenting adalah aspek keadilannya. Mereka sudah mengabdi puluhan tahun di wilayahnya. Sudah mencerdaskan anak bangsa,” terang Joko Sutopo.

BACA : Link SSCASN untuk Absensi Seleksi PPPK 2022 Hoaks, Begini Penjelasan BKN

Susana, salah seorang calon PPPK guru asal SMPN 3 Bulukerto mengaku kaget ketika membuka pengumuman lolos seleksi PPPK Guru 2022.

Dalam pengumuman itu, Susana tak ditugaskan di sekolah tempatnya mengabdi saat ini.

Susana justru mendapat penempatan di salah satu SMP di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

“Saya waktu itu masuk d iantara 621 GTT yang diusulkan jadi PPPK. Begitu pengumuman, malah di lempar ke sana (Kotawaringin Timur). Kalau di sana, saya berpikir untuk mundur,” kata Susana, seperti dilansir Radar Solo.

Ditambahkan Susana, Pemkab Wonogiri telah berupaya agar dia dan 78 calon PPPK lain bisa tetap mengajar di Wonogiri.

BACA : Seleksi PPPK 2022 : Daftar Nama dan Penempatan Guru Lulus PG Beredar, Begini Respon BKN

Menurutnya, akan ada observasi yang dilakukan terlebih dahulu, sehingga bisa ditempatkan di sekolah yang dekat dengan domisili.

Ketua I Forum Guru dan Tenaga Pendidik (FGTK) Wonogiri Danu Eko Saputro mengamini fenomena tersebut.

“Ada yang penempatannya Ponorogo, bahkan Kalimantan,” ujarnya.

Meski begitu, sudah ada solusi yang difasilitasi Pemkab Wonogiri. Dengan begitu, puluhan calon PPPK itu bakal tetap mengajar di Kota Sukses meskipun bukan di sekolah induknya.

“Sudah klir. Penempatannya akan disesuaikan. Misal di sekolah A guru Bahasa Inggrisnya penuh, nanti bisa ditempatkan di unit kerja lain, yang jelas di Wonogiri,” ucapnya.

Danu Eko Saputro memuji langkah Pemkab Wonogiri yang langsung merespon penempatan PPPK Guru 2022 di luar daerah. “Kami mengapresiasi Pemkab Wonogiri karena telah memperjuangkan teman-teman,” tandasnya. (al/wa/dam)