5 Berita Terbaru Tewasnya Brigadir Joshua : Keluarga Ragu, Jokowi Mengingatkan, Kapolda Metro Jaya harus Dicopot

Video Irjen Ferdy Sambo nangis di pelukan Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran

POJOKSATU.id, JAKARTA – Berita tewasnya Brigadir Joshua dalam baku tembak di kediaman mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo masih belum ada habisnya.

Setiap perkembangannya pun terus dicari publik.

Terbaru, keluarga Brigadir Joshua mendesak Polri membuka rekaman kamera CCTV rumah Ferdy Sambo.

Kemarin, Mabes Polri melakukan gelar perkara tahap awal kasus tersebut dengan mengundang keluarga pengacara Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat.


Awalnya, pihak keluarga berencana hadir. Tapi akhirnya urung karena pemberitahuan mendadak dan jarak yang sangat jauh dari Jakarta.

Belum lagi, untuk perjalanan sampai ke Jakarta, butuh biaya tidak sedikit.

BACA: Polda Metro Bilang Kasus Penembakan Brigadir J Disampaikan Mabes Polri, Kok Terkesan Saling Lempar?

Karena pengcara keluarga pun mengkomunikasikan hal tersebut agar Mabes Polri bersedia memfasilitasi.

Berikut 5 berita terbaru tewasnya Brigadir Joshua:

1. Buka CCTV Rumah Ferdy Sambo

Keluarga Brigadir Joshua atau Nopriansyah Yosua Hutabarat meminta polisi memperlihatkan isi CCTV rumah Irjen Ferdy Sambo jika benar-benar telah ditemukan.

Namun menurut pengacara keluarga Brigadir Joshua, Kamarudin Simanjuntak, saat audiensi antara Polri dan keluarga Brigadir J terkait hasil autopsi pada Rabu, 20 Juli 2022, polisi belum ada menyampaikan perihal CCTV ini.

Adapun saat pertemuan, lanjut Kamarudin Simanjuntak, hanya dibahas seputar hasil autopsi Brigadir Joshua atau Brigadir J yang telah dilakukan pihak Kedokteran Forensik Polri.

“Sampai saat ini belum ada (informasi CCTV). Yang kita lakukan tadi setelah gelar perkara dihadiri oleh banyak unsur tadi, sampai penuh ruangan yang sangat besar, kemudian lanjut lagi kepada pemeriksaan, jadi sangat cepat,” kata Kamarudin Simanjuntak kepada wartawan, Kamis (21/7).

“Kalau sudah ditemukan kita sebut Puji Tuhan, tetapi biasanya kan kalau sudah ditemukan CCTV itu akan diperlihatkan kepada kami. Dan nanti ditanyakan,” katanya lagi.

Berita Selengkapnya: Seperti Ragu-ragu, Keluarga Brigadir J Minta Polisi Perlihatkan Isi CCTV Rumah Ferdy Sambo

2. Letak CCTV

Ternyata bukan CCTV di dalam rumah Irjen Ferdy Sambo yang ditemukan tim khusus Polri. Namun sesuai penjelasan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Irjen Dedi Prasetyo, CCTV sepanjang jalan sekitar TKP atau rumah Ferdy Sambo.

Polri mengaku telah menemukan CCTV untuk dapat mengungkap kasus baku tembak antara Brigadir Joshua atau Brigadir J dengan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Dedi Prasetyo mengatakan, yang telah ditemukan merupakan rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian atau TKP di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

“(CCTV) di sekitar TKP, saat ini sedang diperiksa laboratorium forensik sesuai yang disampaikan Dir Pidum semalam,” kata Dedi saat dihubungi wartawan, Kamis (21/7).

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, CCTV yang dimaksud berada di sekitar lokasi kejadian itu berada di sepanjang jalan.

Namun, ia belum membeberkan secara rinci terkait jalan yang dimaksud tersebut karena memang masih diperiksa di Laboratorium Forensik Polri.

Berita Selengkapnya: Bukan CCTV Dalam Rumah Ferdy Sambo Yang Ditemukan Polri, Irjen Dedi : CCTV Sepanjang Jalan Sekitar TKP

 

3. Presiden Bicara Lagi dari NTT

Presiden Jokowi kembali mengingatkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo soal tewasnya Brigadir Joshua atau Brigadir J.

Jokowi meminta dibuka apa adanya dan jangan ditutup-tutupi.

Beberapa waktu lalu atau sekitar seminggu lalu, Presiden Jokowi sudah angkat bicara mengenai kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Jokowi saat itu meminta agar kasus itu diusut tuntas. Hal sama kembali ditegaskan Jokowi pada Kamis (21/7) agar kasus ini diusut tuntas oleh polisi.

“Saya kan sudah sampaikan, usut tuntas, buka apa adanya. Jangan ada yang ditutup-tutupi, transparan. Sudah!” tegas Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (21/7).

Berita Selengkapnya: Jokowi Kembali Ingatkan Kapolri Soal Tewasnya Brigadir Joshua, ‘Buka Apa-adanya Jangan Ada yang Ditutup-tutupi

 

4. Kapolda Metro Jaya harus Dicopot

Politisi kawakan Arief Poyuono menyebut pengacara keluarga Brigadir J atau Brigadir Joshua harusnya juga minta ke Kapolri agar Kapolda Metro Jaya ikut dicopot.

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menonaktifkan atau mencopot Karo Paminal Brigjen Hendra Kurniawan dan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto dari jabatannya.

Begitu juga Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo telah lebih dulu dicopot atau dinonaktifkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pencopotan dua jenderal dan satu kombes ini dalam upaya menjaga independensi penanganan perkara baku tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Politisi kawakan Arief Poyuono mengatakan, keputusan Jenderal Sigit menonaktifkan dua jenderal dan satu kombes tersebut sudah tepat.

Terlebih, keluarga Brigadir J yang menjadi korban tewas pada penembakan itu sudah melaporkan ke Bareskrim Polri terkait dugaan pembunuhan berencana.

Berita Selengkapnya: Tewasnya Brigadir J Terus Merembet, Arief Poyuono Sebut Kapolda Metro Harusnya Juga Ikut Diminta Dicopot

 

5. Polda Metro Jaya Ogah Ngomong

Kasus penanganan tewasnya Brigadir Joshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo terkesan saling lempar.

Kini Polda Metro Jaya kembali menyerahkan kasus itu ke Mabes Polri.

Perkembangan penyelidikan kasus yang menewaskan Brigadir Joshua itu kini akan disampaikan Mabes Polri.

“Update penanganan kasus Brigadir J, nanti penyampaiannya dari satu pintu yaitu di Mabes Polri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di PMJ, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Menurut Zulpan, saat penyampaian perkembangan kasus Brigadir Joshua dirinya akan mendampingi Kadiv Humas Polri Dedi Prasetyo.

Kendati demikian, Kombes Zulpan tak membeberkan secara detail alasan penyampaian kasus Brigadi Joshua dilakukan satu pintu yakni di Mabes Polri.

“Saya juga akan mendampingi Kadiv Humas di Mabes Polri saat menyampaikan ke media,” ujarnya.

Berita Selengkapnya: Polda Metro Bilang Kasus Penembakan Brigadir J Disampaikan Mabes Polri, Kok Terkesan Saling Lempar?

Itulah 5 berita terbaru tewasnya Brigadir Joshua atau Brigadir Nopryansyah dalam baku tembak di rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. (ruh/pojoksatu)