Mahfud MD Ditugasi Urus Masalah Honorer dan PPPK 2022, Ini Harapan Istana

Mahfud MD ditugasi urus masalah honorer dan rekrutmen PPPK 2022.
Mahfud MD ditugasi urus masalah honorer dan rekrutmen PPPK 2022.

POJOKSATU.id, JAKARA – Menko Polhukam Mahfud MD ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang akan mengurusi masalah honorer dan rekrutmen PPPK 2022.

Mahfud MD menjabat sebagai Plt hingga terpilih Menteri PANRB definitif.

Penunjukan Mahfud MD sebagai Plt Menteri PANRB, diharapkan dapat menjaga performa kerja pemerintah, khususnya dalam menangani masalah honorer dan seleksi PPPK 2022 yang sudah di depan mata.

“Diharapkan dengan penunjukan Mahfud MD sebagai Plt MenPAN-RB, performa kerja pemerintah tetap terjaga sehingga semua proses dapat berjalan baik,” ujar Stafsus Stafsus Mensesneg, Faldo Maldini.


Dikatakannya bahwa fungsi pemerintahan masih berjalan dengan baik. Dan dengan kehadiran Plt Menko Mahfud dapat memastikan berjalannya administrasi dengan lebih optimal.

“Kita tentu semua berharap, penunjukan ini akan menjaga performa dan capaian dari kementerian dalam beberapa waktu ke depan,” tambah Faldo.

BACA : Jadwal PPPK 2022 : Pelamar Prioritas Juli, Pelamar Umum September

Faldo menyadari bahwa pejabat yang menduduki jabatan sebagai pelaksana tugas memang tidak bisa mengambil keputusan penting, tetapi bisa menjaga ferforma kementerian.

“Biasa proses seperti ini, tentu tidak bisa mengambil keputusan yang reaktif, yang paling penting itu substansinya semua terlaksana dengan baik,” sambung Faldo.

Penunjukan Mahfud MD ini sekaligus mengantikan Tito Karnavian sebagai Menteri PAN RB ad interim.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menggantikan posisi Tjahjo Kumolo selama 11 hari sebagai Menteri PANRB ad interim.

BACA : Lengkap, Daftar Formasi PPPK 2022 Kabupaten Dan Kota Seluruh Indonesia

Pergantian ini ditunjuk langsung secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan surat dengan nomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara tersebut Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menjabat sebagai Menteri PANRB ad interim pada 4-15 Juli 2022.

Dalam surat tersebut juga berisikan, ‘Berkenaan dengan wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan hormat kami beri tahukan bahwa bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ad Interim dari tanggal 4 sampai dengan 15 Juli 2022’.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa Menteri PANRB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo juga telah menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit karena mengalami infeksi pada paru-paru.

Selama Tjahjo sakit, Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menpan RB ad interim. (viz/disway)