Ini Penentu Kelulusan PPPK 2022 Bagi Pelamar Prioritas dan Pelamar Umum

Tes seleleksi PPPK. Pemda diminta tambah formasi PPPK 2022
Tes seleleksi PPPK. Pemda diminta tambah formasi PPPK 2022

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penentu kelulusan PPPK 2022 bagi pelamar prioritas tidak sama dengan pelamar umum. Sebab, mekanisme seleksinya berbeda.

Mekanisme seleksi pelamar prioritas PPPK Guru 2022 dibagi menjadi dua, yakni penempatan untuk pelamar prioritas 1 dan seleksi kesesuaian atau verifikasi untuk pelamar prioritas 2 dan prioritas 3.

Penentu kelulusan PPPK 2022 bagi pelamar prioritas 1 hanya pada ketersediaan formasi. Sepanjang formasi tersedia, maka semua pelamar prioritas 1 dinyatakan lulus tanpa harus mengikuti tes.

Pelamar prioritas 1 adalah guru honorer THK-II, guru non ASN, guru lulusan PPG, dan guru swasta yang telah lulus passing grade pada seleksi PPPK Guru 2021.


Sementara pelamar prioritas 2 adalah guru honorer eks kategori II atau THK-II. Sedangkan pelamar prioritas 3 adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling kurang 3 tahun.

BACA : Kamus PPPK 2022, Ada 24 Istilah Dalam Seleksi P3K yang Wajib Diketahui

Mekanisme seleksi pelamar prioritas 2 dan prioritas 3 sama, yakni seleksi kesesuaian atau verifikasi.

Seleksi kesesuaian atau verifikasi dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik pelamar, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).

Hasil seleksi kesesuaian atau verifikasi dirangking untuk menentukan urutan kelulusan dan penempatan peserta.

BACA : Pelamar Umum PPPK 2022 Siap-siap Gigit Jari, Ini Penyebabnya

Penentu kelulusan pelamar prioritas 2 dan 3 adalah ketersediaan formasi. Sepanjang formasi tersedia, pelamar prioritas 2 dan 3 dinyatakan lulus.

Kendati demikian, pelamar priortas 2 akan lebih didahulukan. Jika terdapat sisa formasi dari pelamar prioritas 2, akan diberikan kepada pelamar prioritas 3.

Penentu Kelulusan Pelamar Umum

Pelamar umum PPPK 2022 wajib mengikuti pendaftaran PPPK 2022 dan seluruh rangkaian seleksi, mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi kompetensi.

Pelamar umum yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti serangkaian tes, seperti tes kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural, dan tes wawancara.

Ketentuan itu sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru 2022 pada Instansi Daerah.

BACA : Lengkap, Daftar Formasi PPPK 2022 Kabupaten Dan Kota Seluruh Indonesia

Berdasarkan Permen PANRB tersebut, tes kompetensi pelamar umum PPPK 2022 dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test Ujian Nasional Berbasis Komputer (CAT UNBK).

Penentu kelulusan pelamar umum PPPK 2022 yakni memperoleh nilai yang memenuhi nilai ambang batas dan berperingkat terbaik.

Jika ada pelamar umum memiliki nilai akhir yang sama, maka penentuan kelulusan akhir secara berurutan didasarkan pada nilai kompetensi teknis yang paling tinggi.

Jika nilainya masih sama, penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai kumulatif kompetensi manajerial dan sosial kultural yang paling tinggi.

Jika nilainya masih tetap sama, penentu kelulusan didasarkan pada nilai wawancara yang paling tinggi.

Jika nilainya masih juga sama, penentu kelulusan PPPK 2022 bagi pelamar umum didasarkan pada usia paling tinggi. (one/pojoksatu)