Konon Katanya, Anggota Polisi Intimidasi Wartawan Sudah Diamankan, Ditangani Anak Buah Ferdy Sambo

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo

POJOKSATU.id, JAKARTA – Oknum anggota polisi intimidasi wartawan di sekitar rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo konon telah diamankan.

Akan tetapi, Mabes Polri tak mengungkap identitas oknum anggota polisi intimidasi wartawan di sekitar rumah Ferdy Sambo.

Pun menghadirkan dua oknum polisi intimidasi wartawan itu di depan awak media.

“Anggota polisi yang intimidasi jurnalis sudah diamankan,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada di Mabes Polri, Jumat (15/7/2022).


Dedi menyebut, anggota polisi intimidasi wartawan itu saat ini akan dilakukan proses etik yang ditangani Karo Provos dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam).

BACA: Intimidasi Wartawan di Sekitar Rumah Ferdy Sambo, AJI dan LBH Pers Layangkan Protes ke Kapolri

“Akan diproses etik oleh Divpropam,” ujarnya.

Selain itu, jendral Polri bintang dua ini juga menghimbau kapada anggota di lapangan agar tak menghalang-halangi tugas jurnalis dalam mencari informasi.

“Anggota Polri juga harus betul-betul paham bahwa teman-teman jurnalis melaksanakan tugas-tugas jurnalistik itu dilindungi oleh konstitusi,” tutur Dedi.

Sebelumnya, intimidasi wartawan tersebut dialami wartawan dari CNNIndonesia dan 20Detik.

Intimidasi tersebut dialami saat keduanya tengah meliput dan mencari informasi pemberitaan di sekitar rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

BACA: Mabes Polri jangan Diem-diem Bae Pria Cepak Intimidasi Wartawan Dekat Rumah Ferdy Sambo

Dalam intimidasi itu, sejumlah hasil wawancara kedua awak media tersebut dihapus secara paksa.

Selain itu, dua anggota polisi berpotongan cepak tersebut juga menggeledah tas kedua wartawan itu.

“Langsung dihapus-hapus, kan (videonya). Video (wawancara) Ibu RT sama Mang Asepnya itu. Ada tiga video,” kata salah satu jurnalis. (fir/pojoksatu)