Rangkul Masyarakat Marjinal, Sandiaga Uno Berikan Mesin Jahit untuk Mantan Napi Pelaku UMKM

POJOKSATU.id, KALSEL- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menkraf) Sandiaga Uno mengunjungi pelaku UMKM di Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang merupakan peserta dari program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Banjarmasin 2022.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga bertemu dengan Muhammad Arifin, pendiri Rumah Kreatif dan Pintar yang merangkul masyarakat marjinal. Arifin mengenalkan Sandiaga pada Suratman, mantan narapidana kasus penyalahgunaan narkoba.

“Menurut saya ini yang harus kita dukung untuk generasi muda ke depannya. Apa yang bisa kita bantu untuk Rumah Kreatif dan Pintar ini?” ujar Sandiaga, Selasa (12/7/22).

Arifin menyampaikan kepada Sandiaga saat ini Suratman dan teman-teman di Rumah Kreatif dan Pintar sudah mampu menghasilkan produk UMKM seperti baju dengan motif sasirangan khas Kalimantan Selatan. Arifin ingin mengembangkan produksinya ke produk sepatu namun belum mempunyai mesin jahit.


BACA : Panen Ratusan Kilogram Ikan Lele Hingga Bazar Sayuran Murah di Program Juragan Lele Lalap, Begini Kata Sandiaga Uno

“Karena belum ada mesin jahit untuk buat sepatu, saya tugaskan tim saya langsung cari mesin jahit untuk Rumah Kreatif dan Pintar, tapi dengan syarat Mas Suratman harus rajin ikut pelatihan-pelatihan yang bisa menunjang keahlian,” kata Sandiaga.

Sandiaga berharap dengan bantuan ini bisa meningkatkan produksi teman-teman di Rumah Kreatif dan Pintar. Ia juga mendukung Arifin untuk memasarkan produknya sampai menembus pasar ekspor.

“Produk-produknya ini memiliki kualitas untuk ekspor, kita ingin ini menjadi peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Kami siap berkolaborasi dengan tim dari Rumah Kreatif dan Pintar,” kata Sandiaga. (dhe/pojoksatu)