Panen Ratusan Kilogram Ikan Lele Hingga Bazar Sayuran Murah di Program Juragan Lele Lalap, Begini Kata Sandiaga Uno

Momen Sandiaga dan Warga Cakung Panen Ratusan Kilogram Ikan Lele

POJOKSATU.id, JAKARTA- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memanen ratusan kilogram lele bersama warga Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (9/7/2022).

Kegiatan panen lele ini merupakan hasil program Juragan Lele Lalap yang dijalankan Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah SandiUno Indonesia (RSI).

Sandiaga mengatakan, pada tahap pertama lele yang siap panen sebanyak 300 kilogram setelah tiga bulan pembudidayaan. Dari hasil itu, warga bisa menjadikan lele ke beberapa olahan, seperti pecel lele, pepes lele dan pecak lele.

“Ini bisa meningkatkan penghasilan warga yang saat ini menghadapi tantangan ekonomi,” kata Sandiaga di lapangan Yayasan Al Asyirotussyafiiyyah, Jalan Raya Penggilingan Pedaengan, Cakung, Jakarta Timur.


“Saya lihat juga bahwa manfaat lain dari program ini adalah warga dapat membelikan lele sebagai sumber protein dengan harga yang murah,” ungkap Sandiaga.

Menurut Sandiaga, program tersebut turut menggandeng kelompok tani wilayah Jakarta Timur. Alasannya untuk memperluas pemasaran dan penjualan produk-produk hasil olahan lele warga.

BACA : Bertemu Pelaku UMKM, Tak Disangka Begini Reaksi Penjual Kuliner di Cakung Ketika Bertemu Sandiaga Uno

“Kegiatan panen ini juga dilengkapi dengan kelompok tani dari wilayah Jakarta Timur. Ini adalah bentuk kolaborasi perluas penjualan kita,” ungkapnya.

Adapun dalam program ini warga juga diberikan pelatihan pengolahan lele beku (frozen), sehingga dapat meningkatkan nilai jual. Selain itu terdapat bazar sayur murah oleh kelompok tani yang ludes diborong oleh warga. (dhe/pojoksatu)