Idul Adha 1443 H, Pemda Provinsi Jabar Serahkan Bantuan Sapi Satu Ton

Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengikuti salat Idul Adha 1443 H sekaligus menyerahkan sapi secara simbolis, di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Minggu (10/7/2022).
Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengikuti salat Idul Adha 1443 H sekaligus menyerahkan sapi secara simbolis, di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Minggu (10/7/2022).

POJOKSATU.ID, Kota Bandung – Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Minggu (10/7/2022). Ia juga menyerahkan bantuan sapi yang beratnya mencapai lebih dari satu ton.

Pak Uu, sapaan akrab Uu Ruzhanul, mengatakan, sapi super seberat satu ton akan dititipkan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Agung Kota Bandung.

Adapun sapi yang didatangkan dari Kabupaten Kuningan ini akan disembelih di rumah pemotongan hewan (RPH).

“Hari ini saya mewakili Pak Gubernur, memberikan bantuan sapi kepada DKM Masjid Raya Agung Kota Bandung, dengan harapan dapat disalurkan oleh panitia kepada mereka yang berhak,” ujar Pak Uu.


“Khusus (sapi) yang diberikan hari ini (disembelih) di RPH, karena takut ada hal yang tidak diinginkan,” sebutnya.

Pak Uu mengimbau kepada masyarakat agar melaksanakan penyembelihan hewan di RPH, guna menindaklanjuti dengan segera jika terpantau ada penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan yang akan disembelih.

“Kalau masyarakat ingin menyesuaikan (penyembelihan) dengan keputusan panitia masing-masing, sah saja. Tetapi diusahakan penyembelihan dilakukan di RPH,” katanya.

Terkait pendistribusian daging, Pak Uu menegaskan pihaknya akan mengikuti arahan Gubernur, untuk membagikan dagingnya kepada mayoritas masyarakat yang ada di wilayah pelosok.

Pemda Provinsi Jabar juga menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar dalam pengumpulan hewan yang akan disembelih dari kalangan para pejabat.

“Pendistribusian sapi kita merekrut (kolektif) dari para pejabat, bahkan ada pejabat yang menyumbangkan 15 ekor lewat Baznas. Kita akan salurkan pada ponpes dan yayasan, terutama di pelosok,” ungkap Pak Uu.

“Sesuai dengan arahan Pak Gubernur, (daging penyembelihan hewan) disampaikan kepada masyarakat yang ada di daerah, di antaranya desa-desa di pelosok yang sangat membutuhkan,” jelasnya.

Bagi Pak Uu, Idul Adha merupakan momentum untuk menumbuhkan rasa ikhlas dalam menjalankan perintah agama, serta memupuk semangat untuk berkorban demi agama, bangsa dan negara.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mendoakan jemaah haji yang saat ini tengah menjalankan ibadah di Tanah Suci, Mekkah.

“Momentum Idul Adha ini mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmahnya, yaitu mau berkorban untuk agama, bangsa dan negara, keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah. Semua mengandung arti yang luar biasa,” papar Pak Uu.

“Kita doakan jemaah haji Jabar yang berjumlah 17.000 yang dipimpin oleh Pak Gubernur, bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar, sehat, tidak ada kendala, dan kembali ke tanah air sebagai haji yang mabrur,” ajaknya.

Perangkat daerah di Pemda Prov Jabar menitipkan hewan melalui Baznas Jawa Barat pada Idul Adha 1443 Hijriyah.

Hingga Jumat (8/7/2022) telah terkumpul 13 ekor sapi dan 67 domba dari 38 dinas, badan, biro, dan sekretariat dewan.

(adv/dia/pojoksatu)

Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengikuti salat Idul Adha 1443 H sekaligus menyerahkan sapi secara simbolis, di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Minggu (10/7/2022).