Kamus PPPK 2022, Ada 24 Istilah Dalam Seleksi P3K yang Wajib Diketahui

Pelamar PPPK mengikuti tes seleksi 2021. Ini kamus PPPK 2022 yang wajib diketahui. (Dok Radar Bojonegoro)
Pelamar PPPK mengikuti tes seleksi 2021. Ini kamus PPPK 2022 yang wajib diketahui. (Dok Radar Bojonegoro)

POJOKSATU.id, JAKARTAJadwal pendaftaran PPPK 2022 segera diumumkan dalam waktu dekat. Karena itu, calon pelamar harus memahami kamus PPPK 2022.

Kamus PPPK 2022 ini dipastikan dapat memudahkan pelamar memahami semua istilah yang digunakan dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau P3K.

BACA : Link Pendaftaran PPPK 2022 dan Tahapan Seleksi Tahap 3 Guru

Kamus PPPK 2022 dibuat berdasarkan Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan P3K Guru pada Instansi Daerah.


Kamus PPPK memuat 24 istilah yang digunakan dalam seleksi P3K 2022, sebagaimana diatur dalam Permenpan RB.

Berikut istilah-istilah dalam seleksi P3K yang wajib diketahui:

1. ASN

ASN merupakan singakatan Aparatur Sipil Negara. ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah.

2. PPPK

PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja. PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

3. JF

JF merupakan singkatan dari Jabatan Fungsional. JF adalah sekelompok Jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.

4. JF Guru

Jabatan Fungsional Guru adalah JF yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang diduduki oleh ASN.

5. PPK

PPPK merupakan singkatan dari Pejabat Pembina Kepegawaian. PPK adalah pejabat yang mempunyai kewenangan menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai ASN dan pembinaan manajemen ASN di instansi pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

6. Kompetensi Teknis

Kompetensi Tekni adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis Jabatan.

7. Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin, dan/atau mengelola unit organisasi.

8. Kompetensi Sosial Kultural

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang Jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan Jabatan.

9. CAT-UNBK

CAT-UNBK merupakan singkatan dari Computer Assisted Test Ujian Nasional Berbasis Komputer. CAT-UNBK adalah suatu metode seleksi/tes dengan menggunakan komputer yang diselenggarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

10. SSCASN

SSCASN merupakan singkatan dari Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. SSCASN adalah portal pelamaran terintegrasi berbasis internet yang digunakan dalam pengadaan ASN.

11. Nilai Ambang Batas

Nilai Ambang Batas adalah nilai batas paling rendah kelulusan seleksi yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar.

12. Sanggahan

Sanggahan adalah pendapat lain terhadap keputusan hasil seleksi yang diajukan oleh pelamar kepada panitia seleksi.

12. Masa Sanggah

Masa Sanggah adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi.

14. THK-II

Tenaga Honorer eks Kategori II atau THK-II adalah individu yang terdaftar dalam pangkalan data (database) eks tenaga honorer pada Badan Kepegawaian Negara.

15. Guru nonASN

Guru nonASN adalah individu yang ditugaskan sebagai Guru bukan ASN di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Instansi Daerah yang sumber datanya berasal dari Dapodik.

16. Guru Swasta

Guru Swasta adalah individu yang ditugaskan sebagai guru di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang sumber datanya berasal dari Dapodik.

17. Lulusan PPG

PPG merupakan singkatan dari Pendidikan Profesi Guru. Lulusan PPPG adalah individu yang belum melaksanakan tugas sebagai Guru dan telah lulus pendidikan profesi guru yang diselenggarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

18. Dapodik

Dapodik merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan. Dapodik adalah data yang terintegrasi untuk seluruh jenjang dan seluruh entitas data pokok pendidikan serta dikelola oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

19. BKN

BKN merupakan singkatan dari Badan Kepegawaian Negara. BKN adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang diberi kewenangan melakukan pembinaan dan menyelenggarakan manajemen ASN secara nasional.

20. Pelama Prioritas

Pelamar Prioritas adalah pelamar yang mendapatkan prioritas dalam seleksi PPPK 2022. Pelamar prioritas tidak perlu lagi membuat akun di SSCASN. Mereka diangkat menjadi PPPK tanpa tes.

21. Pelamar Prioritas I

Pelamar prioritas I adalah guru honorer THK-II, guru non ASN, guru lulusan PPG, dan guru swasta yang telah lulus passing grade atau memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Guru 2021.

22. Pelamar Prioritas II

Pelamar prioritas II adalah guru honorer eks kategori II atau THK-II.

23. Pelamar Prioritas III

Pelamar prioritas III adalah merupakan guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling rendah 3 tahun.

24. Pelamar Umum

Pelamar umum adalah lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan PPG di Kemendikbud Ristek dan guru yang terdaftar di data pokok pendidikan (Dapodik).

Pelamar umum wajib mengikuti seluruh tahapan seleksi PPPK, mulai dari pembuatan akun di SSCASN, pendaftaran, seleksi administrasi, dan seleksi kompetensi.

Itulah kamus PPPK 2022 yang wajib diketahui pelamar sebelum melakukan pendaftaran PPPK 2022 di portal SSCASN. (one/pojoksatu)