Survei DSI: Elektabilitas Airlangga Teratas, Dinilai Paling Berintegritas

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang dianggap paling berintegritas mengungguli sejumlah tokoh bakal capres lainnya.

Koordinator Dinamika Survei Indonesia (DSI) Permadi Yuswiryanto mengatakan, kualitas tertinggi kepemimpinan diukur dari integritas tokoh menduduki jabatan publik.

Airlangga dipilih sebanyak 89,80 persen responden sebagai bakal capres berintegritas.

Di posisi kedua, yakni Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 78,80 persen disusul KSAD Dudung Abdurachman dengan 78,10 persen.


Selanjutnya, muncul nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.

Selain dinilai paling berintegritas, Airlangga juga teratas dipilih responden karena memenuhi dua kriteria pemimpin ideal.

Yakni kriteria pemimpin yang menginspirasi dengan 85,80 persen dan urutan kedua sebagai pemimpin yang mengambil keputusan tepat di waktu yang tepat dengan 86,20 persen.

Survei DSI juga menemukan Airlangga menjadi tokoh yang kebijakan dan programnya dinilai responden paling dirasakan dalam kehidupan ekonomi dan sosial.

“Nama Airlangga Hartarto disebut oleh 37,2 persen responden yang kebijakan dan programnya paling banyak dirasakan,” tutur Permadi dalam keterangan, Rabu (6/7/2022).

Di urutan kedua, ada Ketua DPR Puan Maharani dengan yang program dan kebijakannya dirasakan oleh 14,4 persen responden.

Disusul Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 7,4 persen responden, Prabowo Subianto 7,2 persen, Erick Thohir 6,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 6,7 persen.

Dalam simulasi pertanyaan tertutup, Airlangga dipilih sebanyak 27,2 persen responden.

“Kemudian di urutan kedua Prabowo Subianto 14,2 persen, di urutan ketiga Ganjar Pranowo 8,1 persen responden,” ujar Permadi.

Elektabilitas Airlangga Hartarto itu berpengaruh pada elektabilitas Partai Golkar.

Survei DSI menyimulasikan jika pemilu digelar saat survei, Golkar dipilih sebanyak 17,9 persen responden.

Selanjutnya Gerindra di urutan kedua dengan 15,7 persen, PDIP (15,5 persen), Demokrat (6,3 persen), dan PKS dengan 5,1 persen.

Survei DSI digelar pada 16 sampai 29 Juni 2022 melibatkan 2.050 responden dengan pengumpulan responden secara multistage random sampling.

Survei ini memiliki margin of error sebesar plus minus 2,16 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (ruh/pojoksatu)