Tito Karnavian Gantikan Mahfud MD Urus Tenaga Honorer dan PPPK 2022

Menteri PANRB Ad Interim Tito Karnavian
Menteri PANRB Ad Interim Tito Karnavian

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian gantikan Mahfud MD sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Menpan RB) Ad Interim.

Mahfud MD menjabat sebagai Menpan RB Ad Interim sejak 20 Juni 2022 karena saat itu Menpan RB Tjahjo Kumolo sedang sakit.

Setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7) lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian menunjuk Tito Karnavian menjadi Menpan RB Ad Interim yang sebelumnya dijabat Mahfud MD.


Penggantian Menpan RB Ad Interim tertuang dalam surat edaran yang diterbitkan Kementerian Sekretariat Negara pada 4 Juli 2022.

BACA : Jumlah Pegawai Honorer di Daerah Ini Lebih Banyak dari PNS, Bakal Oleng Jika Dihapus 2023

Dalam surat edaran bernomor B-596/M/D-3/AN.00.30/07/2022 itu, Presiden Jokowi menunjuk Tito mulai menjabat sebagai Menpan RB Ad Interim pada 4 sampai 15 Juli 2022.

“Berkenaan dengan wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ad Interim, dari tanggal 4 sampai dengan 15 Juli 2022,” demikian isi dari surat edaran yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara, Praktikno, Selasa (5/7).

Terkait posisi Menpan RB, Menkopolhukam Mahfud MD sebelumnya mengatakan Presiden Jokowi sudah mengantongi nama yang akan mengisi jabatan menteri Menpan RB.

“Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa,” ucap Mahfud MD, Senin (4/7).

BACA : Pertahankan Pegawai Honorer, Ketua DPRD Berau Siap Diberi Sanksi

Mahfud berpendapat, Presiden Jokowi memiliki perangkat penilaian lengkap untuk memilih figur yang tepat sebagai seorang menteri.

“Saya yakin bahwa Presiden mempunyai perangkat penilaian yang lengkap untuk memilih orang yang tepat menjadi menteri untuk diangkat, berdasarkan hak prerogatif presiden,” pungkas Mahfud.

Salah satu tugas berat Menpan RB saat ini adalah penyelesaian tenaga honorer yang akan dihapus mulai 28 November 2023 mendatang.

BACA : Tenaga Honorer Dibuatkan Perusahaan Outsourcing, Tugasnya Antar Surat Seperti Tukang Pos

Tugas lainnya yakni pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2022 yang sudah di depan mata.

Dua tugas itu bakal menyita energi Tito Karnavian selaku Menpan RB Ad Interim yang menggantikan Tjahjo Kumolo.  (one/pojoksatu)