Jubir Presiden Ukraina Sebut Isi Pertemuan dengan Jokowi Bahas Impor Gandum, Tak Ada Pesan Titipan

Presiden Jokowi bertemu Presiden Ukraina Zelenskyy (Twitter Joko Widodo)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Serhii Nikiforov selaku juru bicara Presiden Ukraina Zelenskyy mengatakan tiada pesan dititipkan ke Presiden Jokowi. Jubir ini juga menyebut isi pertemuan masalah impor gandum.


Diketahui, Presiden Ukraina Volodymir Zelenskyy menepis telah menitipkan pesan bagi Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu dengan Presiden Jokowi.

Bermula ketika Serhii Nikiforov selaku juru bicara Zelenskyy mengatakan bila tiada pesan dititipkan ke Presiden Jokowi.


Nikiforov mengatakan bila Zelenskyy ingin memberikan pesan ke Putin maka akan disampaikan langsung dalam pidato terbuka.

“Indonesia adalah salah satu pengimpor gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pada pelabuhan Ukraina menjadi fokus utama pembicaraan di antara kedua presiden di Kyiv,” kata Nikiforov kepada kantor berita Pravda, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga :

Yang Bilang Jokowi Gagal Salah Besar, Nggak Ngerti aja Jokowi juga Bawa Misi Tersembunyi ke Ukraina dan Rusia

Jubir Presiden Ukraina ini menuturkan, persoalan ekspor gandum dari Ukraina yang diblokade Rusia menjadi hal yang didiskusikan oleh Zelenskyy dan Jokowi.

Sementara terkait pesan kepada Vladimir Putin, Nikiforov menegaskan Presiden Ukraina ini akan menyampaikan secara terbuka jika ingin berbicara dengan seseorang.

“Rusia bertanggungjawab penuh atas gangguang ekspor ke Indonesia serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia juga harus bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali blokade pelabuhan Ukraina segera dicabut,” tutur Nikiforov.

“Hal inilah yang Volodymir Zelenskyy diskusikan secara detail dengan Joko Widodo,” imbuh dia.

“Adapun terkait pesan, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” lanjut jubir presiden Ukraina ini dilansir detikcom.

Sementara terkait isi pembicaraan Jokowi dengan Presiden Ukraina Zelenskyy adalah mengenai impor gandum.

Lalu Zelenskyy juga mengapresiasi kunjungan Jokowi ke Ukraina.

Menurutnya, Jokowi dan Indonesia saat ini memiliki kewenangan yang tinggi di kancah internasional.

“Kewenangan anda dan juga keberadaan anda di dunia internasional sangat tinggi,” kata Zelensky usai bertemu dengan Jokowi di Kyiv yang diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (3/7).

Berikut sebagian isi pidato Presiden Volodymir Zelenskyy usai bertemu Jokowi di Kyiv tersebut.

“Hari ini merupakan bersejarah bagi Indonesia dan Ukraina, karena ini merupakan kunjungan pertama oleh Presiden Indonesia ke Ukraina, dan ini adalah kunjungan pertama pemimpin Asia yang sejak awal dari invasi Rusia ke Ukraina, Bapak Presiden, yang mulia, kita mengapresiasi hal tersebut.

Terutama Indonesia dan kewenangan anda dan juga keberadaan anda di dunia internasional sangat tinggi.

Anda mewakili negara-negara G20 di mana Indonesia memegang presidensi tahun ini dan merupakan negara yang kuat di ASEAN dan tahun depan akan menjadi Keketuaan ASEAN tahun depan dan saya kira kehadiran anda merupakan awal untuk memperkuat koalisi untuk melawan perang yang dilakukan bersama-sama dengan negara-negara untuk mengembalikan stabilitas di dunia.

Dan terima kasih atas dukungan anda sebagai Presiden G20 dan saya berterima kasih kepada yang mulia atas undangan anda untuk saya hadir di KTT G20 dan saya menerima undangan tersebut.

Tapi kehadiran Ukraina akan bergantung terhadap situasi keamanan di negara kita dan juga komposisi partisipan yang ada di KTT tersebut,” demikian sebagian pidato Zelenskyy saat bertemu Jokowi di Ukraina. (ral/int/pojoksatu)