Ini Dia Dua Sosok Paling Cocok Ganti Tjahjo Kumolo, Satu Sosok Pas dari PDI Perjuangan

Tjahjo Kumolo dan istri semasa hidup mengenakan pakaian adat dari Mandailing di acara 17 Agustus (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Pengamat politik Jamiluddin Ritonga menyebut ada dua sosok yang paling cocok menggantikan Menpan RB Tjahjo Kumolo. Satu sosok malah teman satu partai dari mendiang Tjahjo.


Dua sosok yang cocok sebagai pengganti Tjahjo ini menurut Jamiluddin Ritonga yaitu Mendagri Tito Karnavian dan Mensos Tri Rismaharini.

Kedua menteri ini dianggap layak menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo sebagai MenPAN RB.


Kedua orang tersebut merupakan orang yang memiliki karir di birokrasi dan menjadi anak buah Presiden Jokowi cukup lama.

Jamiluddin Ritonga berpendapat, Tito Karnavian cocok menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo lantaran Tito Karnavian telah lama menjadi menteri dalam negeri dan Kapolri dan paham urusan ASN.

“Pengalaman Tito di birokrasi kepolisian dan Kementerian dalam Negeri, setidaknya membuatnya mengetahui keunggulan dan kelemahan birokrasi dan SDM pemerintah,” kata Jamiluddin Ritonga, Minggu (3/7).

Baca Juga :

Ini Cerita Jokowi Saat Bertakziah ke Rumah Tjahjo Kumolo, Presiden Jokowi Kaget Sekali

“Bekal tersebut diharapkan Tito dapat membenahi kelemahan birokrasi dan SDM di pemerintahan,” ucap pengamat politik dari Universitas Esa Unggul ini lagi.

Selain itu, Jamiludin menilai, Menteri Sosial Tri Rismarini juga memiliki pengalaman birokrasi yang cukup moncer.

Bagi Jamiludin, kader partai berlambang kepala banteng moncong putih itu mengerti persoalan SDM baik di pusat maupun daerah.

Apalagi, pengalamannya sebagai walikota dan Menteri Sosial, cukup bagi Risma untuk mengetahui persoalan birokrasi dan SDM di pusat dan daerah.

“Bekal tersebut setidaknya akan memudahkan Risma untuk membenahi birokrasi dan SDM pemerintah di pusat dan daerah,” katanya.

Menurutnya, kedua orang tersebut merupakan anak buah Presiden Joko Widodo yang memiliki rekam kerja yang bagus sehingga layak untuk menjadi pengganti Tjahjo Kumolo.

“Tito dan Risma sama-sama sosok yang disiplin. Bekal ini sangat diperlukan untuk mendisiplinkan Aparat Sipil Nasional (ASN),” tutupnya. (ral/rmol/pojoksatu)