Mahfud MD Diperingatkan Jangan Ganggu Tjahjo Kumolo

Mahfud MD Menteri PANRB ad interim gantikan Tjahjo Kumolo
Mahfud MD

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD mengaku sempat menjenguk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo di rumah sakit. Namun Mahfud MD diperingatkan jangan ganggu Tjhajo Kumolo.

“Seminggu yang lalu memang sudah tidak bisa berkomunikasi karena dokter menyarankan agar istirahat, tidak diganggu, tapi saya ada dekat beliau waktu itu cuma nggak ngomong, nggak berkomunikasi,” ucap Mahfud MD kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Menteri PANRB ad interim itu kaget saat mendengar informasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat kemarin.

“Kami kaget beliau wafat meskipun sudah tahu memang akan wafat karena setiap orang akan wafat, kita pun akan wafat. Tapi ditinggal beliau secara tiba-tiba, merasa sangat terpukul, sedih,” ucap Mahfud.


Kendati demikian, Mahfud dan jajaran Kementerian PANRB mengikhlaskan kepergian Tjahjo Kumolo untuk selama-lamanya.

“Kami menerima karena kita yakin Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Kita ini ada karena Allah, oleh Allah, untuk Allah, dan oleh Allah juga nanti kita akan dipanggil pada waktu yang ditentukan,” kata Mahfud.

BACA : Honorer Kira Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Hoax, Langsung Menangis Ada Hutang Budi Honorer Banyak Diangkat PPPK

Mahfud menyebut Tjahjo merupakan orang yang sangat teliti dalam bekerja, tenang, dan bersahabat, tetapi selalu tepat.

“Sehingga selalu well prepared gitu ya untuk menyiapkan kalau ada rapat pasti ada bahan yang jelas, kemudian ada tujuan yang jelas, lalu ada alternatif-alternatif keputusan. Nah itu Pak Tjahjo. Itu salah satu kenangannya,” katanya.

Mahfu mengenang pertemuan dan komunikasi terakhirnya dengan Tjahjo di Sekolah Tinggi Intelijen Negara.

“Terakhir saya ketemu di Sekolah Tinggi Intelijen Negara pada tanggal 30 Mei, ketemu artinya ngomong-ngomong gitu. Kalau ketemu berselisipan, rapat di kabinet gitu ya lebih sering. Tapi yang terakhir sempat ngomong-ngomong itu tanggal 30 Mei di STIN ketika peresmian museum Dr Ir Soekarno,” beber Mahfud.

BACA : Bukan cuma Honorer, Tjahjo Kumolo juga Berjasa Besar Bantu Pegawai KPK

Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7) pukul WIB 11.10 WIB.

Sebelum meninggal, Tjhajo sempat menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo sejak Juni 2022.

Awalnya, politikus PDIP itu sakit karena kelelahan hingga mengalami komplikasi.

“Awalnya kecapekan, letih. Pekerjaan yang berat, kemudian setelah jatuh sakit, komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat, orang sakit kan komplikasinya berarti multiorgan ya,” kata politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno. (one/pojoksatu)