Siapa Sosok Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi Menpan RB, Pasti Tak Jauh dari PDIP, Ini Bocorannya

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

POJOKSATU.id, JAKARTA— Kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dipastikan kosong usai meninggalnya Tjahjo Kumolo. Siapa sosok yang akan menggantikan Tjahjo?

Menurut pengamat politik Ujang Komarudin, kursi Menpan RB sementara waktu pasti akan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Itu sembari mencari sosok figur yang pas menduduki posisi Menpan RB.

“Pasti sementara waktu diisi oleh Plt yang akan ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi untuk mencover pekerjaan,” kata Ujang dihubungi Pojoksatu.id, Jumat (1/7/2022).


Dosen Universitas Al-Azhar itu tak mau berspekulasi lebih jauh sosok figur yang akan menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo di Menpan RB.

“Kita tunggu waktu saja. Keputusan yang terbaik pasti ada di Presiden Jokowi siap yang akan mengisi jabatan itu,” ujarnya.

Baca Juga :

Honorer Kira Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Hoax, Langsung Menangis Ada Hutang Budi Honorer Banyak Diangkat PPPK

Namun, kata Ujang, posisi Menpan RB tidak akan jauh dari partai yang sebelumnya mengisi lembaga itu.

“Pasti kemungkinan besar diisi oleh partai yang sebelumnya, yaitu PDIP karena alamarhum dari kader PDIP,” ucapnya.

Untuk diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, pada Jumat 1 Juli 2022 di Jakarta.

Berikut jejak rekam karir politik Tjahjo Kumolo:

Dia lahir di Surakarta, 1 Desember 1957. Pria ini merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro tahun 1985.

Sejak muda, dia aktif dalam berbagai organisasi. Dia pernah menjadi Ketua Biro Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dati I Jawa Tengah.

Kemudian, Tjahjo Kumolo menjadi Ketua DPD KNPI Dati I Jawa Tengah periode 1985-1988 dan Sekretaris Jenderal KNPI Dati I Jawa Tengah untuk periode 1987-1990.

Karir kepolitikan Tjahjo dimulai saat ia menjadi Anggota Komisi II, III dan Anggota BKSAP DPR RI (1987,1992) dan Ketua Umum DPP KNPI pada 1990-1993.

Kemudian, Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (1999-2002) dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI setahun kemudian.

Pada 2004, menteri Jokowi ini terpilih menjadi Anggota Komisi XI dan Anggota BKSAP DPR RI (2004-2008). Dia menjadi Ketua Fraksi PDIP DPR RI (2004-2009). (muf/pojoksatu)