Tiga Jamaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia, Kanwil Kemenag Ungkap Kondisi Sebelum Wafat

Foto Ilustrasi; Jamaah haji
Foto Ilustrasi; Jamaah haji

POJOKSATU.id, BANDUNG- Kanwil Kemenag Provinsi Jabar merilis tiga orang jamaah haji asal Jabar, Meninggal dunia karena sakit.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jabar, H. Ahmad Handiman Romdony,mengungkapkan, tiga jamaah haji tersebut mengalami sakit sebelum dinyatakan wafat.

“Di mana sebelumnya, ketiganya telah memenuhi kriteria kesehatan untuk menunaikan ibadah haji,” jelasnya, Kamis 30 Juni 2022.

Romdony menambahkan, bahwa Dua orang jemaah haji mengalami serangan jantung.


“Untuk yang dari Cianjur itu drop gula darah atau tertulis di dokumen endokrin nutrisional mid. Awalnya semuanya sehat semua tidak ada tanda apapun, dadakan meninggalnya,” katanya.

Untuk jenazah dua orang yang wafat di Arab Saudi langsung dikuburkan. Sedangkan satu jemaah yang meninggal di Bekasi langsung diantarkan ke keluarganya di Purwakarta.

“Kami minta Dinkes Jabar betul-betul melakukan pemeriksaan terutama pada calon jemaah yang punya riwayat dalam pemantauan,” katanya.

Kemenag Jabar sendiri kini sudah berangkatkan 39 kloter. Jika dijumlahkan ada 15.966 jemaah. Pemberangkatan haji jemaah Jabar terakhir 3 Juli 2022.

Untuk diketahui, Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Mekkah mencatat 16 orang calon haji dinyatakan wafat. Dua diantaranya baru dinyatakan meninggal pada beberapa hari kemarin.

Kedua calon haji yang meninggal dunia tersebut atas nama Norlius Ilyas Intan Kayo dari kloter 7 Embarkasi Batam (BTH 7) dan Anta Misda Jiam dari kloter 11 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS). (rif/pojoksatu)