Tambah Babak Belur, Holywings di Bandung dan Surabaya Ditutup, Kota Lain Menyusul ?

Satpol PP Kota Surabaya menyegel 3 outlet Holywings karena melakukan pelanggaran. Foto RMOLJatim

POJOKSATU.id, JAKARTA – Usai pencabutan izin usaha 12 outlet Holywings di Jakarta, penyegelan juga merembet ke Holywings di beberapa kota lainnya.


Terbaru, Holywings Bandung dan Surabaya juga disegel oleh pemerintah daerah setempat.

Di Bandung, dua outlet Holywings di Jalan Pasirkaliki dan Jalan Karang Sari Kota Bandung ditutup untuk sementara.


Penutupan sementara itu dilakukan sendiri oleh manajemen masing-masing outlet Holywings di Bandung.

“Dengan kesadaran sendiri mereka tutup tempat usaha holywings,” kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Selasa (28/6/2022).

Manajemen Holywings Pasirkaliki Bandung, Ercik mengatakan, penutupan sementara itu dilakukan untuk menjaga kondusifitas.

BACA: Analisa Promo Miras Holywings, Waketum MUI Temukan Sudah Ada Niat Buruk

“Kita, manajemen Holywings, intinya kita menutup ini tanpa ada paksaan, sukarela, terkait dengan kondisi Kota Bandung agar lebih kondusif,” ungkapnya.

Soal 100 karyawan dua outlet Holywings, Erick juga tak bisa memberikan kepastian.

“Ini terjadi lumayan cepat jadi kita belum berpikir sampai ke sana, belum ada (keputusan) yang dirumahkan,” ujarnya.

Di Surabaya, Holywings bernasib serupa dengan Jakarta yang disegel karena melanggar Perda Kota Surabaya Nomor 2 Tahun 2014 yang diperbarui Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Kasat Pol PP Kota Surabaya Eddy Christijanto menjelaskan, pada Pasal 22 Ayat 1 huruf b, disebutkan bahwa pelanggarannya adalah membuat sesuatu yang menimbulkan gangguan ketentraman.

BACA: Usai Izin Dicabut, Kini Giliran ACTA Gugat Perdata Holywing ke Pengadilan Negeri, Nasibnya Makin Terpojok

Selain itu, Pemkot Surabaya juga tengah melakukan pengecekan izin usaha berdasarkan Perda Nomor 1 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Usaha di Bidang Perdagangan dan Perindustrian serta Perda No 23 tahun 2013 tentang Kepariwisataan.

“Nanti setelah dilakukan pengecekan perizinan, ketika terjadi pelanggaran terhadap perizinan, maka pemerintah kota bisa melakukan pencabutan izin beroperasionalnya Holywings,” tegas Edy.

Atas dasar hal itu, Pemkot Surabaya menghentikan sementara Holywings di Kota Pahlawan yang dilanjutkan dengan peyegelan.

“Sambil nanti kita lakukan pengecekan semua perizinan yang dimiliki Holywings,” sebutnya.

Di Kota Surabaya, terdapat tiga outlet Holywings. Yakni di Jalan Kertajawa, Jalan Basuki Rahmat dan Pakuwon.

BACA: Outlet Holywings di Jakarta Dicabut Izinnya, Bagaimana dengan Medan? Ini Tanggapan Bobby Nasution

Apabila dari proses penelitian perizinan ditemukan pelanggaran, Eddy memastikan Pemkor Surabaya akan mencabut izin usaha Holywings di Surabaya.

“Di Perda diamanatkan bahwa pemkot melalui Satpol PP melakukan tindakan penghentian kegiatan, sekaligus pelaksanaan penyegelan sampai dengan kondisi apa yang dia (Holywings) lakukan bisa dipertanggungjawabkan,” tandasnya. (ruh/pojoksatu)