Pengendalian Penyebaran PMK Jelang Idul Adha, Ini Langkah-langkah Pemerintah

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menangani dan mengendalian kasus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).


Salah satu upaya adalah dengan menggelontor vaksin ke seluruh Indonesia.

Demikian disampaikan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam rapat koordinasi terbatas (Rakortas), Rabu (29/6/2022).


“Sudah ada tiga juta dosis vaksin di Indonesia dengan anggaran yang sudah disiapkan, sehingga vaksin yang sudah ada harus segera disuntikkan,” ujar Airlangga.

Pemerintah juga mendorong Satgas Penanganan PMK bekerja cepat

Selain itu, juga dilakukan percepatan vaksinasi dan pengaturan lalu lintas hewan ternak.

“Sudah ada Keputusan Ketua Komite PCPEN Nomor 2 Tahun 2022 tentang Satgas Penanganan PMK, dengan Tim Pelaksana yang diketuai oleh Kepala BNPB dan dibantu 5 Wakil Ketua dari Kementan, Kemendagri, Kemenko, TNI dan POLRI,” jelas Airlangga.

Airlangga yang juga Ketua Komite PC-PEN ini meminta agar dilakukan pelaporan dan perkembangan rutin.

Itu merupakan cara yang sama yang digunakan dalam penanganan Pandemi Covid-19.

“Nanti setiap minggu atau secara regular setiap ada perkembangan, dilakukan penerbitan Keputusan Mentan yang ditindaklanjuti dengan SE Kasatgas dan InMendagri untuk percepatan penanganan PMK,” tandasnya.

Sementara, sampai dengan 29 Juni 2022, Kementerian Pertanian, PMK telah menyebar ke 19 Provinsi dan 221 Kabupaten/ Kota.

Rinciannya, jumlah kasus sakit sebanyak 289.430 ekor, sembuh 94.575 ekor, pemotongan bersyarat 2.940 ekor, kematian 1.722 ekor, dan yang sudah divaksinasi sebanyak 91.716 ekor. (ruh/pojoksatu)