Ini Pernyataan Pertama Jokowi Saat Tiba di Ukraina yang Dilanda Perang, Tampil Pakai Jaket Biru Gelap

Presiden Jokowi tiba di Kyiv Ukraina Rabu pagi waktu setempat (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTAPresiden Jokowi tiba di Stasiun Central Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6) sekitar pukul 08.50 waktu setempat. Jokowi mengeluarkan pernyataan saat tiba di negara dilanda perang itu.


Perjalan menuju Ukraina dari Polandia ini ditempuh Jokowi selama 11 jam menggunakan kereta api. Dalam unggahannya, Jokowi terlihat hanya mengenakan jaket biru gelap.

Sementara di dalam memakai kemeja putih. Sedangkan Iriana Jokowi memakai jaket serba hitam.


“Perjalanan sebelas jam dengan kereta api dari kota Przemysl, Polandia ke ibu kota Ukraina, lancar tanpa halangan,” demikian pernyataan pertama Jokowi sesaat tiba di Kyiv Ukraina bersama Ibu Negara Iriana, Rabu (29/6).

“Kami tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, sekitar pukul 08.50 waktu setempat, disambut beberapa pejabat Ukraina,” kata Jokowi melalui unggahan di Twitter.

Jokowi menyebut sebelum bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Jokowi lebih dulu mengunjungi daerah lain.

“Hari ini, sebelum menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, saya hendak mendatangi satu lokasi puing-puing kompleks apartemen di Kota Irpin,” katanya.

“Lalu berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv,” jelas Jokowi lagi dalam akun Twitternya @jokowi.

Presiden Jokowi menempuh perjalanan selama sekitar sebelas jam menggunakan kereta luar biasa yang disediakan Pemerintah Ukraina.

Setelah pintu gerbong kereta terbuka, Presiden dan Ibu Iriana turun dari kereta disambut oleh Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik, Kepala Komisi Hubungan Antarpemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kachka, dan pejabat KBRI Kyiv.

Jokowi tampak mengenakan jaket biru gelap begitu juga dengan Iriana. Namun, bagian perut eks gubernur DKI Jakarta itu terlihat berisi.

Iriana yang memakai jaket yang sama mengenakan pakaian itu secara terbuka. Di dalam jaket, Iriana terlihat memakai baju hitam.

Dari pantauan, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) tampak mengenakan rompi antipeluru, helm, dan menenteng senjata laras pendek.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kunjungan Jokowi ke Ukraina melalui Polandia.

Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan presiden ke Ukraina dan Rusia.

“Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kami lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri,” ucap Retno.

Pengaturan agenda kunjungan Presiden Jokowi dan Iriana ke Ukraina tentunya sudah dipersiapkan sangat matang. (jpnn/pojoksatu)