KH Ma’ruf Amin Jadi Plt Presiden RI Hingga 2 Juli atau Sampai Jokowi Tiba Kembali ke Indonesia

Wapres Ma'ruf Amin (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ma’ruf Amin menjabat Plt Presiden selama sepekan atau mulai 26 Juni hingga 2 Juli 2022 atau sampai Jokowi tiba kembali ke Indonesia. Tugas sehari-hari Presiden dikerjakan Wapres.


Diketahui, Presiden Jokowi beberapa hari lalu berangkat ke Eropa dalam rangka kunjungan kerja ke berbagai Negara di antaranya Rusia dan Ukraina serta Jerman.

Selama Jokowi di luar negeri, tugas sehari-hari Presiden RI dikerjakan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.


Penugasan Ma’ruf Amin sebagai pelaksana tugas (Plt) Presiden RI ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

Dalam Keppres Nomor 2 Tahun 2022 itu disebutkan bahwa Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja atau kunjungan kenegaraan ke 5 negara.

Baca Juga :

Ratusan Masyarakat Indonesia Sambut Presiden Jokowi di Jerman dengan Yel-yel

Politisi Senior PDIP Cerita Pencopotan Gatot dari Panglima TNI, Ada Kata Lebih Sadis dari Soeharto

Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia dan Uni Emirat Arab.

Presiden Jokowi bertolak ke Eropa dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (26/6/2022). Tertuang dalam Keppres 2/2022, kunjungan Presiden Jokowi ke Eropa dilakukan hingga 2 Juli ini.

Berdasarkan Keppres 2/2022, Wapres Ma’ruf Amin ditugaskan menjadi Plt Presiden RI sejak keberangkatan Jokowi hingga 2 Juli atau sampai Presiden Jokowi tiba kembali di Indonesia.

Diketahui, Presiden Jokowi mendarat di Munich, Jerman, Minggu (26/6) sekitar pukul 18.40 waktu setempat.

Presiden Jokowi terbang ke Eropa menuju Ukraina dan Rusia. Jokowi akan menemui kedua negara yang sedang dilanda perang itu. Misinya jumpa Presiden Zelensky dan Presiden Putin.

Presiden Jokowi terbang ke Eropa membawa misi perdamaian mengajak damai kedua negara yang sedang bertikai itu.

Selama Presiden Jokowi di Eropa, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan memimpin jalannya pemerintahan di Indonesia.

Berikut rangkaian lengkap kunjungan Jokowi ke Eropa, terutama ke Rusia dan Ukraina yang sedang dilanda perang.

Kunjungan pertama, Jokowi akan mengunjungi Jerman dalam rangka menghadiri KTT G7. Indonesia diundang selaku ketua presidensi G20.

Presiden Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (26/6/2022) menyebutkan, Minggu pagi presiden dan rombongan terbatas akan berangkat untuk berkunjung ke beberapa Negara di Eropa.

Pertama akan ke Jerman, untuk menghadiri KTT G7 di mana Indonesia adalah sebagai partner country dari G7. Dan Jokowi juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai ketua presidensi G20.

Di sana, Jokowi akan mengajak negara-negara G7 untuk mengupayakan perdamaian di Ukraina. Tak hanya itu, Jokowi juga meminta para pemimpin G7 untuk mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan energi yang tengah melanda dunia. (ral/pojoksatu)