Konser di Kebun Raya Bogor Bikin Rumput Rusak, Ada yang Curhat ke Jokowi

Konser musik yang digelar di Kebun Raya Bogor pada Sabtu (25/6/2022)

POJOKSATU.id, BOGOR – Sejumlah pihak mengkritik penyelenggaran konser yang digelar dilakukan di Kebun Raya Bogor.


Bahkan salah satu akun Facebok MangAsepKabayan meminta tolong ke Presiden Joko Widodo agar menegur manajemen Kebun Raya Bogor.

“Yth Pak Presiden Joko Widodo sebagai pendukung setia Bapak, dimana Bapak pun tinggal tidak jauh dari Kebun Raya Bogor yang mana secara Sejarah merupakan tempat dahulunya sangat disakralkan sebagai Hutan Samida, Taman dan Kebunnya Para Raja, yang mana spirit mereka pun masih tetap hadir disana. Mohon Pak, hentikan kegiatan brutal perusakan Kebun Raja,” tulisnya dikutip PojokBogor.com, Minggu (26/6/2022).


Menurutnya, konser musik sangat tidak sesuai dengan spirit dan nilai-nilai sejarah, budaya, dan kearifan leluhur yang ada disana.

“Punten Pak, segera ditegur keras ini pengelola yang sangat tidak memahami fungsi dan kearifan Kebun Raya Bogor. Besar harapan kami sebagai pencinta Kebun Raya Bogor dikembalikan pada fungsi dan kearifannya agar spiritnya dapat kembali berkobar menuju Indonesia Emas 2045,” pintanya.

Dia juga menyebut konser-konser masif seperti itu dapat dicarikan di tempat lain yang lebih cocok dan tidak mengganggu kearifan lokal yang ada di sekitarnya.

BACA: Kebun Raya Bogor Buka Malam, Dihias Lampu Warna Warni 

“Sedih hati kami Pak, melihat Kebun Raya Bogor yang kami cintai dinodai seperti ini. Semoga Bapak sekeluarga selalu ada dalam kesehatan dan keberkahan,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager Corporate Communication dan Security PT MNR Kebun Raya Bogor, Zaenal Arifin membenarkan ada rumput di beberapa aera yang mengalami kerusakan.

“Sampai jam 2 kita bersihkan, sampah dan lumpur. Kalau rumput kan perlu waktu. Memang hujan tadi malam,” kata Zae sapaan akrbanya, saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Minggu (26/06/2022).

BACA: Pohon Tertua di Kebun Raya Bogor Tumbang, Lihat Foto-fotonya

Sementara soal postingan yang dilakukan MangAsepKabayan, ia memastikan bahwa itu merupakan foto lama.

“Itu foto lama,” singkatnya. (adi/pojokbogor)