Mahasiswa dan Aktivis Demo Kementerian KLHK, Tuntut Menteri Cabut IUPHKM 5 Kelompok Tani Ini

POJOKSATU.id, JAKARTA — Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) didemo mahasiswa dan aktivis dari Lembaga Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LP-LHK).


Dalam aksinya itu, massa meminta Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar mencabut izin usaha pemanfaatan hutan kemasyarakat (IUPHKM) sejumlah kelompok tani di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

“Kami mendesak Ibu Siti Nurbaya segera membekukan dan mencabut IUPHKM 5 kelompok tani di Kabupaten Langkat,” kata Kordinator Aksi LP-LHK, Melly Saragi dalam aksinya, Jumat (24/6/2022).


Menurut Melly, kelompok tani di Kabupaten Langkat itu diduga menyelewengkan izin dari Kementerian LHK.

Kelima kelompok tani yang dimaksud yakni Kelompok Tani Sumber Makmur, Kelompok Tani Mangrove Sumber Tani Jaya, Kelompok Tani Sabar Subur, Kelompok Tani Hutan Mangrove Lestari, dan Kelompok Tani Hutan Mandiri.

“Mereka sama sekali tidak mengelola hutan sesuai izin Kementerian LHK, namun justru mencuri hasil sawit yang sudah digarap oleh masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Melly juga menduga ada indikasi jual beli lahan hutan di Tangkahan Kabupaten Langkat oleh oknum LSM/NGO. Oleh karenanya, massa mendesak aparat hukum turun tangan mengusut dugaan tersebut.

“Tangkap dan periksa seluruh perusahaan yang diduga melakukan kegiatan di luar HGU yang masuk wilayah hutan,” tandasnya.

(fir/pojoksatu)