Begini Cara Penentuan Kelulusan Pelamar PPPK 2022 untuk Umum

Tes pelamar PPPK 2022 untuk menggunakan sistem CAT UNBK
Ilustrasi tes pelamar PPPK 2022 untuk menggunakan sistem CAT UNBK

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengadaan PPPK tahun ini tidak hanya diperuntukkan bagi tenaga honorer, tapi juga terbuka bagi pelamar PPPK 2022 untuk umum.

Ketentuan dan syarat pelamar PPPK 2022 untuk umum diatur dalam Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun 2022.

Seleksi bagi pelamar PPPK 2022 untuk umum dibagi dua, yakni seleksi administrasi dan seleksi komptenesi.

Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran.


Hasil seleksi administrasi akan diumumkan secara terbuka pada SSCASN, laman resmi instansi daerah, dan laman resmi kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Setelah seleksi administrasi, pelamar PPPK 2022 untuk umum akan mengikuti seleksi kompetensi yang meliputi kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan wawancara.

BACA : Cek Syarat Pelamar PPPK 2022, Jangan Sampai Gugur Sebelum Tes

Seleksi kompetensi bagi pelamar umum dilakukan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Pelamar umum dapat memilih kebutuhan PPPK guru di seluruh sekolah wilayah Indonesia yang belum terpenuhi oleh pelamar prioritas.

Ketentuan Kelulusan Pelamar Umum PPPK 2022

Pelamar PPPK 2022 untuk umum dinyatakan lulus jika nilai yang diperoleh memenuhi nilai ambang batas dan berperingkat terbaik.

Nilai ambang batas terdiri dari:

a. nilai ambang batas kompetensi teknis

b. nilai ambang batas kumulatif kompetensi manajerial dan sosial kultural

c. nilai ambang batas wawancara.

BACA : Formasi PPPK 2022 Sebanyak 970 Ribu, Ini Syarat PPPK Non Guru

Jika ada pelamar umum PPPK 2022 memiliki nilai akhir yang sama, maka penentuan kelulusan akhir secara berurutan didasarkan pada nilai kompetensi teknis yang paling tinggi.

Jika nilainya masih sama, penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai kumulatif kompetensi manajerial dan sosial kultural yang paling tinggi.

Jika nilainya masih tetap sama, penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai wawancara yang paling tinggi.

Jika nilainya masih sama, penentuan kelulusan akhir pelamar PPPK 2022 untuk umum didasarkan pada usia paling tinggi. (one/pojoksatu)