Anies Jangan Terkejut, Surya Paloh Masih Mungkin Usung Dirinya Jadi Capres, Ini Akibatnya Bagi Nasdem

Anies Baswedan dan Surya Paloh (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Anies, Ganjar dan Andika Perkasa, jangan terkejut. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh masih berpeluang mengusung dirinya sendiri sebagai capres 2024.

Surya Paloh tetap berpeluang mengusung dirinya sendiri menjadi calon presiden, meskipun Rakernas Partai Nasdem sudah mengerucutkan tiga nama yang akan didukung Nasdem di Pilpres 2024.

Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi menilai, Surya Paloh sangat mungkin tergoda mengikuti jejak Mahathir Mohamad yang masih bisa menjadi perdana menteri di Malaysia di usia 92 tahun.

Termasuk mencontek Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang bisa terpilih pada usia 70 tahun.


“Bisa jadi karena tergoda oleh Mahathir Mohammad, yang jadi perdana menteri lagi di usia 92 tahun dan Joe Biden jadi presiden pada usia 79 tahun, Surya Paloh sebagai ketum partai, pemilik bisnis dan media, kemungkinan besar mau nyapres juga,” ujar Muslim kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (19/6).

Baca Juga :

Anies Baswedan Tanggapi Pencapresan Nasdem, Ini Terobosan Baru Demi Kepentingan Nasional

Akan tetapi, kata Koordinator Indonesia Bersatu ini, jika pada akhirnya di ujung waktu Surya Paloh maju sendiri, maka akan menjadi petaka bagi Partai Nasdem karena sudah memunculkan tiga nama, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

“Atau karena di kepala Surya Paloh terpikir, misal ‘kalau Mahathir dan Biden yang lebih tua dari gue saja bisa, masak gue kagak bisa jadi presiden?’ Dan jika itu terjadi akan jadi malapetaka bagi Nasdem,” tegas Muslim.

Selain nama Anies Baswedan, diketahui terdapat dua nama lainnya yang masuk dalam daftar yang menjadi rekomendasi Rakernas Partai NasDem soal capres.

Keduanya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Namun dari ketiga nama ini, nama Anies Baswedan meraih suara terbanyak dari DPW Nasdem dari berbagai provinsi di Indonesia. Anies didukung 34 DPW Nasdem.

Namun begitu Surya Paloh masih berpeluang mengusung dirinya menjadi capres 2024. (ral/pojoksatu)