Sofyan Djalil Direshuffle, Politisi PAN Ini Malah Senang, Alasannya

Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Mendag dan Menteri ATR BPN (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA- Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Mukhtar Tompo mengaku bersyukur Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil direshuffle.

Pasalnya, Mochtar merupakan salah satu korban mafia tanah semasa Sofyan Djalil menjadi menteri BPN.

“Sebagai korban mafia tanah, saya sangat bersyukur dan mengapresiasi keputusan pak Presiden Jokowi mengganti Sofyan Djalil sebagai menteri ATR/BPN,” kata Mukhtar dalam keterangannya, Kamis (16/7/2022).

Muchtar mengatakan, bahwa ditunjuknya Hadi Tjahjanto merupakan angin segar bagi korban mafia tanah.


“Ini sungguh angin segar bagi kami, saya tahu Pak Hadi konsisten dan tegas dalam penegakan hukum, korban mafia tanah sangat banyak sekali, seperti Gunung es,” ujarnya.

Karena itu, anak buah Zulkifli Hasan alias Zulhas itu berharap kepada Hadi Tjahjanto yang menggantikan Sofyan Djalil menyelesaikan perosalan mafia tanah tersebut.

“Kami menaruh harapan besar kepada bapak Jenderal Hadi Tjahyanto yang ditunjuk Pak Jokowi menggantikan Sofyan Djalil,” tutur Muchtar.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi melantik Menteri dan Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024.

Mereka yang dilantik sebagai menteri dalam reshuffle kedua Kabinet Indonesia Maju yakni Zulkifli Hasan.

Zulhas sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi.

Kemudian, Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Adapun, ketiga nama Wamen yang dilantik yakni John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

Selanjutnya, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).(muf/pojoksatu)