Terlihat Jelas, Jokowi Barisan KIB dan Surya Paloh, Mega Satu Barisan dengan Prabowo dan Cak Imin

Jokowi satu barisan dengan Surya Paloh dan Monoarfa serta Airlangga dan Zulhas. Dan Mega satu barisan dengan Prabowo dan Cak Imin (rmol)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Dalam foto yang beredar di medsos, terlihat jelas Jokowi sebarisan dengan Ketum-ketum KIB bentukan PAN, PPP dan Golkar. Sementara Mega sebarisan dengan Prabowo dan Cak Imin.

Momen unik ketum parpol terbelah dua kubu ketika jalan ini terekam di Istana Negara, Jakarta, sesaat sebelum Presiden Jokowi melantik menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, Rabu siang (15/6).

Pelantikan Ketum PAN menjadi Mendag dan Hadi Tjahjanto menjadi Menteri ATR/BPN ini dihadiri tujuh ketua umum partai politik koalisi.

Mereka adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.


Juga ada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Baca Juga:

Istana Bongkar Alasan Jokowi Ganti Mendag Lutfi ke Zulhas, Ternyata Karena Ini

Uniknya, aroma poros politik mulai terasa diantara mereka. Terlebih, sudah ada Koalisi Indonesia Bersatu yang dimotori Partai Golkar, PAN, dan PPP.

Pada momen yang terekam dalam tayangan kanal Youtube Sekretariat Presiden, nampak Jokowi yang bersebelahan dengan Surya Paloh berada satu iringan dengan Airlangga, Suharso, dan Zulhas.

Sementara, Megawati dan Prabowo seiringan Muhaimin Iskandar dan berjalan agak ke belakang.

Memang, belakangan santer terdengar PDIP dan Gerindra akan membentuk poros koalisi demi memuluskan jalan pasangan Prabowo dan Puan Maharani di Pilpres 2024.

Sementara KIB belum jelas capres yang diusung hingga, namun desas-desus berkembang akan menjadi kendaraan Ganjar Pranowo yang cenderung didukung Jokowi.

Selain dua kubu KIB plus Surya Paloh dan Mega-Prabowo-Cak Imin, ada lagi kubu oposisi yaitu PKS dan Demokrat. Dalam hal ini kedua partai ini tak masuk dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. (ral/rmol/pojoksatu)