Kegiatan Khilafatul Muslimin Dipantau Polri, Sepanjang Tak Membuat Kegaduhan,Tapi Kalau Bikin Ulah, Siap-siap ya

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo

POJOKSATU.id, JAKARTA- Polri sudah menetapkan 5 tersangka petinggi kelompok Khilafatul Muslimin. Kelimanya sudah resmi dilakukan penahanan.


Dengan ditahannya petinggi organisasi yang bertentangan dengan UU itu, maka penyidik Polri terus akan memantau kegiatan Khilafatul Muslimin.

“Sepanjang dia tidak melakukan aksi membuat suatu kegaduhan, tentunya masih dipantau,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo di Markas Brimob, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022).


Irjen Dedi juga menuturkan pihak tak serta merta akan melakukan tindakan tegas bila kelompok Khilafatul Muslimin melakukan kegiatan.

Namun Dedi mewanti-wanti bila kegiatan yang digelar itu sudah mengarah kepada tindak pidana dan membuat gaduh masyarakat. Maka, pihaknya akan melakukan tindakan tegas.

“Kalau melakukan kegaduhan berupa membagikan pamflet dan menyebarkan di media sosial, nah itu sudah mengganggu persatuan (kita tindak tegas),” ujarnya.

Selain itu, kata jendral bintang dua ini, saat ini pihaknya juga tengah menyelidiki 23 kantor Khilafatul Muslimin di seluruh Indonesia.

Akan tetapi Dedi belum memutuskan ada tidaknya kegiatan tindak pidana yang dilakukan 23 kantor Khilafatul Muslimin tersebut.

“Semuanya didalami. Ada 23 kantor wilayah kelompok KM itu lagi didalami. Dari Densus 88 mendalami,” tuturnya. (fir/pojoksatu)