Geger Babiambo Jual Nasi Padang Serba Babi, Legislator Sumbar Geram, Pemiliknya Dicari

Guspardi Gaus (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Anggota DPR RI asal Sumatera Barat Guspardi Gaus geram bukan main setelah geger rumah makan khas Minang Babiambo jual nasi Padang serba babi di Kelapa Gading, Jakarta.

Bukan hanya rendang babi, tapi juga berbagai menu dengan bahan dasar babi. Mulai dari nasi bakar babi, gulai babi, dan sebagainya.

“Penghinaan dan melukai perasaan masyarakat Minang, baik di ranah maupun di rantau,” kecam Guspardi, Jumat (10/6/2022).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini curiga, pemilik restoran tersebut bukan masyarakat Minang.


Melainkan hanya memanfaatkan dan mendompleng ketenaran menu khas Sumatera Barat dengan menjual menu nonhalal.

“Namun mengabaikan etika dan merusak tradisi dan citra masakan Padang serta menyalahi adat dan budaya masyarakat Minangkabau,” ujarnya.

Karena itu, Guspardi meminta Pemprov DKI Jakarta mencabut izin usaha restoran yang menawarkan makanan nonhalal dengan mengatasnamakan makanan khas Sumbar itu.

Menurutnya, tindakan restoran itu mencederai filosofi masakan tanah Minang yang terkenal dengan kehalalan.

“Tidak lupa diminta kepada Kementerian Informatika dan Informasi (Kominfo) juga bertindak dengan memblokir semua akun media sosial Babiambo,” tegasnya.

Menurutnya, penggunaan identitas Minangkabau dalam menu masakan nonhalal itu jelas tidak lazim dan tidak bisa diterima masyarakat Sumbar.

“Untuk itu, kita meminta kepada pemilik untuk meminta maaf atas kelancangannya menggunakan nama dan identitas Minang dengan menu makanan berbahan babi dan makanan yang tidak halal dan pemilik segera menutup tempat usahanya,” tuntutnya. (jpnn/ruh/pojoksatu)