Dimakamkan Diantara Sawah dan Pemandangan Gunung, Begini Rute Lengkap Menuju Pemakaman Emmeril Khan Mumtadz

Lokasi pemakaman Eril atau Emmeril Khan Mumtadz di Cimaung, Kabupaten Bandung. Foto: Arief/PojokSatu.id

POJOKSATU.id, BANDUNG- Emmeril Khan Mumtadz akan dimakamkan di sebuah lahan dengan luas hampir 700 meter, yang terdiri dari beberapa lahan serta bangunan yang masih dalam tahap pembangunan awal.

Meski begitu, lahan pemakaman untuk Emmeril Khan Mumtadz akan berada di bagian bawah dari lokasi lahan tersebut, yang diatasnya ada bangunan gedung yang rencananya dibuat untuk pesantren.

Posisi makam Emmeril Khan Mumtadz sendiri berada di sekitar areal sawah yang ada di lahan tersebut, pemandangan gunung terlihat saat mendekati makam.

Lokasi lahan tersebut, menurut Asep Zaenal salah satu pengelola lahan yang juga pengurus Yayasan Tunas Amal Madani, memang milik keluarga besar Ridwan Kamil.


“Ya betul punya keluarga kang Emil,” jelasnya.

Lokasi lahan sendiri, berada di pinggir jalan raya Cimaung – Pangalengan.

BACA : Ridwan Kamil : Dear Eril, Sudah Aku Desainkan Sebuah Rumah Akhirmu yang Indah, Rumahmu Berada Disebelah Masjid

Saat masuk ke lokasi terlihat halaman luas, dengan hamparan rumput hijau, dengan dua taman yang dibuat seperti huruf J, tak jauh dari taman ada tangga menuju ke bangunan gazebo besar berwarna coklat dengan halaman luas.

Didepan dua bangunan taman terlihat halaman kosong dengan tiang rangka bangunan yang dalam proses pembangunan, didekat bangunan belum jadi itulah, makam Eril disiapkan.

Lokasi menuju ke pemakaman sendiri saat ini diberi penguat dan pengeras jalan, dari batu kerikil oleh pengelola lahan tersebut.

Untuk jarak dari pusat kota Bandung, atau gedung Pakuan ke lokasi pemakaman berjarak sekitar 35 km.

pojoksatu mencoba membuat rute ke lokasi pemakaman, dengan asumsi menggunakan jalan tol dan non tol dari pusat kota Bandung.

Jarak rute dari gedung Pakuan ke lokasi pemakaman berjarak sekitar 35 km jika ditempuh dengan jalur biasa tanpa melewati jalan tol.

BACA : Jasad Emmeril Khan Mumtadz Dimakamkan Hari Senin, Ridwan Kamil Persilahkan Masyarakat Jika Mau Hadir di Pemakaman

Namun jika menggunakan jalan tol, akan menghemat jarak sekitar 12 km.

Jika melewati jalur non tol, bisa melewati ruas jalan otista depan gedung Pakuan, lalu ke jalan Lengkong besar, masuk ke Tegalega luru ke arah jalan Moh Toha yang mengarah ke alun-alun Dayeuhkolot.

Setelah melewati alun-alun Dayeuhkolot lalu lurus terus ke arah Banjaran, setelah melewati pasar dan terminal Banjaran, lalu belok kiri ke arah Pangalengan di pertigaan Kamasan Banjaran.

Jarak dari pertigaan Kamasan ke lokasi pemakaman keluarga Ridwan Kamil, berjarak sekitar 8 km.

Lokasi nya sendiri berada di,Jl.Raya Pangalengan km.23.5 Kp.Geger beas Rt.01 Rw.05 Ds.Cimaung, Kec.Cimaung, Kabupaten Bandung.

Jika melihat akses ke pintu tol, dan sempit nya jalan raya menuju ke lokasi pemakaman, bisa diprediksi rombongan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz akan melekat jalan tol.

BACA : Profil Geraldine Beldi, Guru SD yang Temukan Jenazah Eril di Sungai Aare

Untuk rute ke jalan tol yakni, jalan otista depan gedung Pakuan, masuk ke jalan pasir Kaliki lalu belok kiri ke arah flyover pasteur dan masuk pintu tol Pasteur.

Perjalanan melalui tol, akan ditempuh dengan cepat menuju ke pintu tol Soroja, lalu keluar di pintu tol Soreang.

Setelah di pintu tol Soreang, rombongan belok kiri ke arah jalan biasa, menuju ke pertigaan Kamasan Banjaran lalu belok kanan menuju ke arah jalan Pangalengan sejauh 8 km. (rif/pojoksatu)