Pengamat Sebut Pilpres 2024 Pertarungan Para King Maker : SBY, Surya Paloh, Megawati dan Jokowi

SBY menemui Ketum Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Pengamat politik Rico Marbun menyebut Pilpres 2024 merupakan pertarungan para king maker antara lain SBY, Surya Paloh, Megawati dan Jokowi.

Rico Marbun memandang SBY dan Surya Paloh sebagai sosok king maker yang juga akan menentukan arah politik Pilpres 2024 selain Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Absorpsi (penyerapan) para oposisi dan koalisi Parpol dan tokoh 2019 lalu membuat presiden menjadi king maker utama,” jelas Direktur Eksekutif Median ini, Rabu (8/6).

“Tapi jelang 2024 posisi itu mendapat tekanan dari tokoh lainnya. King maker yang dominan selain presiden ya Bu Megawati,” tutur Rico.


“Sekarang turun para politisi langit seperti Surya Paloh dan SBY. Jadi sekarang bukan pertarungan para capres, tapi pertarungan para king maker,” imbuhnya.

Baca Juga:

Loyalis Anies Tanggapi Deklarasi di Hotel Bidakara, Saya Kira Ini Cara Jatuhkan Pak Anies

Diri sisi figur, Rico memprediksi Jokowi bakal mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sementara PDIP, dia memperkirakan tokoh yang akan diusung ialah Ketua DPR RI Puan Maharani.

Akan tetapi, Rico meyakini figur yang akan diusung oleh para king maker masih sangat dinamis, termasuk soal sosok Anies dan AHY yang belakangan disebut-sebut bakal menjadi jagoan Nasdem dan Demokrat.

“Ini, skema Anies-AHY perlu diuji oleh waktu, dan kesiapan partai yang lain yang akan bergabung di poros ini,” tandasnya.

Menurut Rico, sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono, disinyalir bakal jadi pilihan figur yang akan diusung Nasdem dan Demokrat di Pilpres 2024.

Bacaan itu disampaikan Direktur Eksekutif Median Rico Marbun, saat dimintai tanggapannya soal pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dengan Presiden RI kelima Susilo Bambang Yudoyono (SBY) di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (5/6).

“Mungkin saja ini (pertemuan Paloh dan SBY) menuju ke (pencalonan) Anies dan AHY,” ujar Rico, Rabu (8/6).

Demikian analisa Rico Marbun mengenai pertarungan king maker di Pilpres 2024 mendatang. (ral/pojoksatu)