Sultan Kritik Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750 Ribu, Ini Mah Seharga Hotel Bintang Lima

Luhut Binsar Panjaitan (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mengkritik harga tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp750 ribu. Kebijakan itu sangat memberatkan karena setara dengan hotel bintang lima.


“Karena itu pemerintah tidak perlu berlebihan menaikan harga tiket Candi Borobudur sampai seharga hotel bintang lima,” kata Sultan kepada Pojoksatu.id, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Apalagi, lanjut mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu, Candi Borobudur tidak dibangun memakai anggaran APBN.


“Ini Candi tidak dibangun dengan APBN, jadi tidak perlu dikapitalisasi,” ucapnya.

Menurut Sultan, tarif tiket Candi Borobudur yang mahal justru akan mengurangi pengunjung wisatawan.

“Ini akan mengurangi nilai sejarah dan budaya dari Candi Borobudur dan wisatawan,” tandas Sultan.

Baca Juga:

Masuk Candi Borobudur Bayar Rp750 Ribu, Ganjar : Kalau Bayar Rp50 Ribu Sampai Pelataran Saja

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan tarif tiket terbaru wisatawan yang ingin menikmati keindahan Candi Borobudur.

Menurut Luhut, pemerintah menyepakati untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur, yakni sebanyak 1.200 orang per hari.

Adapun tarif tiketnya ditetapkan untuk turis asing atau wisatawan mancanegara (wisman) USD 100 atau setara Rp 1,45 juta (kurs Rp 14.500 per USD).

“Turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja,” kata Luhut dikutip dari instagram pribadinya, Minggu (5/6).

Sebelum kenaikan harga ini diumumkan Luhut, tiket naik ke Candi Borobudur hanya dibanderol Rp 50 ribu saja.

Berdasarkan website borobudurpark.com, harga tiket masuk tiket reguler wisatawan lokal Indonesia untuk dewasa Rp 50.000.

Kemudian, untuk tiket bundling wisatawan lokal dewasa untuk Borobudur dan Samudera Raksa Rp 65.000. Sementara untuk anak-anak harga tiketnya Rp 25.000.

Adapun untuk wisatawan asing, harga tiket masuk Candi Borobudur sebelumnya Rp 350.000 dan untuk wisatawan asing anak Rp 210.000.

Dari informasi di website tersebut, seluruh harga tiket untuk wisatawan lokal dan asing itu berlaku sampai 5 Juni 2022. (muf/pojoksatu)