Ceu Popong Sebut Cobaan Ridwan Kamil hanya Bisa Diatasi dengan Lillahitaala

Ceu Popong menghadiri takziah di Gedung Pakuan. (Dok Radar Bandung)

POJOKSATU.id, BANDUNG – Sesepuh Sunda Popong Otje Djundjunan alias Ceu Popong menghadiri takziah dan doa bersama untuk putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) di Gedung Pakuan, Cicendo, Kota Bandung, Sabtu, 4 Juni 2022.

Ceu Popong mengatakan ada ungkapan Bahasa Sunda yang berbunyi “Jodoh, pati, bagja, cilaka, lain banda na manusa”.

Menurut Ceu Popong, peristiwa meninggalnya Eril di Sungai Aare, Swiss merupakan garis tangan yang sudah ditentukan oleh Yang Maha Segalanya.

“Sekarang cobaan yang diberikan kepada bapak kita semua (Ridwan Kamil), karena kalau jadi gubernur akan menjadi bapak semuanya. Bapak kita semua itu diberikan cobaan yang hanya bisa diatasi dengan lillahitaala,” ucapnya, dilansir Radar Bandung.


Ia mengatakan, tidak terbayang bagaimana perasaan Ridwan Kamil menghadapi cobaan ini. Namun dia mengingatkan bahwa jodoh, pati, bagja, cilaka sidah diatur oleh Allah SWT.

“Beliau menjadi yang dituakan di Provinsi Jabar, maka jutaan manusia yang mendoakan (Emmeril Kahn Mumtadz) semoga keluarganya ditabahkan,” tuturnya.

BACA : Dihujat, Selebgram Fitri Bazri Minta Maaf, Hapus Foto Selfie dengan Ridwan Kamil

Ceu Popong mengaku bisa merasakan bagaimana pedihnya ditinggal seorang putra, seperti yang dialami Ridwan Kamil

“Tapi di sini lah kita semua mendoakan semoga adik, bapak, anak kita semua Kang Emil bisa melalui masa-masa yang begitu berat dan pahit,” tandasnya.

Sementara Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tak kuasa menahan tangis ketika menghadiri takziah bersama istrinya.

Yana mengatakan, hubungan dengan Ridwan Kamil bukan semata-mata sebagai wali kota dengan gubernur, tapi juga sebagai orang tua yang memiliki anak sebaya.

“Tentunya saya dan istri mempunyai ikatan emosional yang sangat tinggi dengan bapak Ridwan Kamil dan ibu Atalia karena ananda Eril pernah satu sekolah dengan anak saya di TK dan SD, sehingga kami bisa merasakan apa yang dirasakan ketika seorang bapak dan ibu kehilangan puteranya,” kata Yana kepada wartawan, di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (4/6).

BACA : Takziah ke Gubernur Jabar, Ustaz Adi Hidayat : Wafatnya Eril itu Sangat Luar Biasa, Jutaan Orang Ikut Mendoakan

Yana pun mendoakan Eril semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Ia berharap kepada keluarga Ridwan Kamil agar bisa diberikan ketabahan atas apa yang sedang dialami saat ini.

“Kami bersama istri mendoakan ananda Eril semoga diampuni segala dosa-dosanya, diterima segela iman Islamnya dan Insya Allah ananda Eril berpulang dalam keadaan khusnul khatimah,” kata Yana.

“Kami juga mendoakan bapak Ridwan kamil beserta istri ibu Atalia, semoga bisa bertawakkal menerima takdir Allah ini dan InsyaAllah kita yakin bahwa ananda Eril mendapatakan tempat terbaik di sisi-Nya,” tandasnya. (cr3/cr1/radarbandung)