Evaluasi Pencarian Eril, Keluarga Besar Ridwan Kamil Libatkan Ulama Jawa Barat

Erwin Muniruzaman kakak Ridwan Kamil

POJOKSATU.id, BANDUNG- Emmeril Khan Mumtadz belum ditemukan hingga sepekan pencarian di sepanjang aliran sungai Aare, di Bern Swiss.

Kamis malam kemarin tanggal 2 Juni pukul 19.30 wib ,pihak keluarga menyatakan ikhlas atas hilangnya Eril sapaan akrab Emmeril Khan Mumtadz.

Kaka Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menjelaskan bahwa keputusan keluarga diambil, setelah melakukan evaluasi bersama keluarga besar di Bandung, beserta ulama di Jabar.

“Inalillahi wa innailaihi rojiun, semua mahluk yang bernyawa pasti akan merasakan kematian,” jelas Erwin di rumah dinas Gubernur Jabar gedung Pakuan, Jumat 3 Juni 2022.


Erwin menjelaskan, proses evaluasi dilakukan melihat apa yang sudah dan telah dilakukan, secara ikhtiar oleh keluarga.

“Evaluasi seluruh proses yang telah dan sedang dilakukan. Secara ikhtiar sudah dilakukan secara maksimal yang dimungkinkan,” jelasnya.

Di Swiss, Pemerintah setempat sudah menggunakan pencarian yang spesifik.

“Dengan memantau langsung pencarian selama lima hari terakhir, Kang Emil dan teh Lia ikhlas atas takdir yang dialami Eril,” terangnya.

Jadi kami tegaskan, bahwa mereka ikhlas, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril sudah wafat.

“Berkenaan dengan hal tersebut, keluarga meminta nasihat ke MUI Jabar. Dalam hal ini memberikan dan menunaikan hak almarhum sebagai muslim dari muslim yang lain, disegerakan dishalatkan sudah menyelenggarakan shalat ghaib untuk Emmeril Khan Mumtadz, ” jelasnya.

Dirinya berterima kasih, kepada masyarakat Jabar atas doa terhadap keponakan nya tersebut.

“Bahkan Mui Jabar menerbitkan seruan, untuk warga yang berkesempatan, dapat melaksanakan shalat ghaib ini,” terangnya.

Erwin juga meminta maaf, selaku keluarga.

“Kami memohon maaf atas nama almarhum, sekiranya ada kekhilafan dan yang disengaja atau tidak. Sebagai perwakilan keluarga , memohon maaf apabila Eril ada kesalahan,” jelasnya.

Diakuinya, jika sosok Eril ini sangat disayangi Keluarga.

“Kami sekeluarga sangat mencintai sangat mencintai Eril, perilaku akhlak yang Soleh, Allah SWT lebih mencintai A’ Eril, ” jelasnya. (rif/pojoksatu)