Hari Jadi Surabaya, Pemandangan Langka Gubernur Jatim dan Walikota Makin Mesra, Dulu Kerap Berseteru

Momen kemesraan Gubernur Jatim dengan Walikota Surabaya di Hari Jadi Surabaya (ist)

POJOKSATU.id, SURABAYA— Pemandangan berbeda tampak dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tampak begitu mesra dengan Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Di mana, Khofifah bersama Eri Cahyadi meresmikan Wisata Air Kalimas Reborn pada Selasa (31/5).

Di momen ini, Eri bahkan secara khusus menjemput Khofifah dengan perahu yang menunggunya di Dermaga Taman Prestasi, yang berada tepat di belakang Gedung Negara Grahadi.

Selanjutnya, Khofifah dan Eri melanjutkan perjalanan susur sungai hingga pemberhentian terakhir di Dermaga Siola.


“Alhamdulillah Jawa Timur dan Kota Surabaya sekarang jauh lebih nyekrup. InsyaAllah, kolaborasi ini membawa kebaikan bagi masyarakat Kota Surabaya,” kata Gubernur Khofifah disela-sela peresemian Wisata Air Kalimas Reborn.

Khofifah juga berharap dengan adanya wisata malam Sungai Kalimas, masyarakat tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati suasana sungai yang indah.

“Di sepanjang Kalimas, masyarakat bisa menyusuri sungai dengan suguhan lampu warna-warni serta berbagai spot foto berlatar gedung-gedung ikonik di Kota Surabaya,” ujarnya.

Adapun rute wisata air Kalimas Surabaya itu dimulai dari Monkasel hingga ke Siola. Kemudian dari PDAM Jagir sampai ke Barata Jaya.

Sebelumnya, Khofifah juga hadir dalam gelaran Surabaya Vaganza dan Festival Rujak Uleg di Kawasan Kya-Kya Kota Surabaya.

Di Surabaya Vaganza, Khofifah dan Eri berjalan kaki bersama-sama dari Siola Jalan Tunjungan hingga ke depan Hotel Majapahit.

Sepanjang jalan, keduanya menyapa warga dan melayani permintaan foto bersama masyarakat yang tumpah ruah ke jalan.

Sementara di acara Festival Rujak Uleg, Khofifah nguleg bareng rujak bersama Eri Cahyadi di cobek batu raksasa.

Pemandangan kemesraan Gubernur Jawa Timur dan Walikota Surabaya seperti itu nyaris tidak pernah terlihat pada periode sebelumnya.

Sebaliknya, Walikota Surabaya kerap berseteru dengan Gubernur Jawa Timur.

Sementara itu, Wali Kota Eri Cahyadi berharap kedepannya tidak hanya wisata-wisata yang ada di Surabaya melainkan seluruh sektor, termasuk UMKM bisa segera bangkit dari keterpurukan ekonomi maupun sosial akibat Pandemi Covid-19.

Eri Cahyadi optimistis Kota Surabaya akan jauh lebih cepat bangkit. Terlebih, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan dukungan penuh dalam menggerakkan berbagai sektor-sektor potensial.

“Apalagi, kita selalu disupport oleh Bunda Gubernur Jatim, sehingga insyallah Surabaya bisa menjadi hebat,” pungkasnya. (fir/pojoksatu)