Ahok Raih 4 Kali WDP Berturut, Anies Baswedan Malah Raih 5 Kali WTP Berturut, ASN Sampai Euforia

Euforia ASN DKI Jakarta meraih WTP 5 kali berturut-turut (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— ASN DKI Jakarta menyambut gembira raihan 5 kali berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Masa Ahok, eks gubernur DKI ini malah raih WDP 4 kali berturut-turut.

Capaian predikat opini WTP 5 kali berturut-turut yang diraih Pemprov DKI Jakarta dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ini disambut gembira para ASN yang turut mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (31/5).

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu melakukan selebrasi atau euforia dengan memasang sejumlah spanduk.

“WTP budaya kita,” tulis salah spanduk.


“Naik Kereta ke Balaikota/Sampai Gondangdia turun bersama/Selamat untuk Kota Jakarta/kita bisa WTP yang kelima,” tulis spanduk lainnya.

Opini WTP merupakan prestasi yang tidak mudah didapatkan oleh pemerintah daerah karena ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

Raihan opini WTP juga menjadi indikator Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta dapat dimaksimalkan untuk pembangunan fisik dan non-fisik yang dirasakan manfaatnya oleh warga.

Prestasi dari BPK RI tersebut juga menjadi penanda pencatatan aset yang semakin baik.

Sebab, saat dipimpin Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat paling banter Pemprov DKI meraih opini wajar dengan pengecualian (WDP) yakni empat tahun berturut-turut, 2013, 2014, 2015, dan 2016.

Raihan WTP ini merupakan kali kelima yang diraih Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan sejak tahun 2017 hingga 2022.

Selama periode pemerintahan Anies Baswedan, setiap tahun selalu mendapat predikat WTP. (ral/rmol/pojoksatu)