5 Tips dan Trik Mempercepat Sirkulasi Barang di Gudang

Aplikasi Gudang Berbasis Web Online by Mekari.
Aplikasi Gudang Berbasis Web Online by Mekari.

POJOKSATU.id – Pengambilan barang merupakan proses penting dalam manajemen gudang yang sering disepelekan, padahal pemenuhan pesanan konsumen bergantung pada proses ini.

Ada beberapa hal yang dapat memperlambat proses pengambilan barang, misalnya seperti strategi mengambil barang yang tidak efisien dan ketidakakuratan dalam penghitungan persediaan.

Proses pengambilan barang yang lambat dapat menyebabkan penundaan dalam proses pengepakan barang dan pengiriman pesanan, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan ketidakpuasan pada konsumen.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses pengambilan barang guna meningkatkan produktivitas di gudang Anda.


1. Miliki Lokasi Pengambilan Terpisah untuk Setiap SKU

Mencampur beberapa SKU di lokasi rak yang sama sangat tidak efisien. Studi membuktikan bahwa menempatkan beberapa SKU sekaligus di rak yang sama dapat memperlambat proses pengambilan barang, sebab operator harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk menemukan barang yang akan diambil.

Ini juga dapat menyebabkan terjadinya kesalahan, misalnya operator secara tidak sengaja mengambil barang yang salah, sebab barang tersebut ditempatkan di antara beberapa SKU yang berbeda.

Jadi, memiliki lokasi pengambilan yang terpisah untuk setiap SKU adalah suatu keharusan.

Baca Juga : Apa itu Perencana Keuangan, Manfaatnya Serta Penggunaan Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan?

2. Segmentasikan Barang Berdasarkan Tingkat Permintaannya

Anda tentu tidak ingin menghabiskan banyak waktu ketika mengambil barang yang tingkat permintaannya tinggi. Jadi, pisahkan barang-barang yang paling laris dari barang-barang yang kurang laris.

Pastikan lokasi rak untuk barang-barang dengan tingkat permintaan yang tinggi cukup dekat dengan lokasi pengemasan dan pengiriman.

Anda bisa menaruh barang-barang yang tingkat permintaannya lebih rendah di tempat yang sedikit lebih jauh.

3. Ketahui Jumlah Barang yang Tersedia Secara Akurat

Jangan membuat petugas pengambil barang di pabrik Anda kebingungan akibat adanya perbedaan antara jumlah barang yang tercatat di sistem Anda dengan jumlah barang yang dimiliki sebenarnya.

Ketika petugas menemukan adanya ketidaksamaan, maka mereka perlu melakukan penyesuaian persediaan dan ini dapat memakan banyak waktu.

Untuk menghindari skenario tersebut, Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat selalu melacak jumlah barang yang Anda miliki. Oleh karena itu, sistem manajemen inventaris yang baik penting untuk Anda miliki.

Sistem Manajemen Inventaris dari Jurnal memungkinkan Anda untuk mengetahui dengan pasti jumlah barang yang Anda miliki secara real time.

Sistem ini dapat diintegrasikan dengan barcode scanner, sehingga barang yang masuk dan keluar dapat dipindai dan langsung tercatat di sistem.

4. Gunakan Strategi Pengambilan Barang yang Sesuai

Tidak ada strategi pengambilan barang yang paling baik untuk seluruh perusahaan, karena strategi yang dianggap paling sesuai untuk satu perusahaan belum tentu sesuai untuk perusahaan yang lain.

Semuanya tergantung pada jumlah pesanan, luas dan tata letak gudang, serta kebijakan dari setiap perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa strategi pengambilan barang yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur pada umumnya:

Baca Juga : Yuk Kenalan Peran Aplikasi komputer akuntansi, Manfaat dan Kegunaannya untuk Bisnis

● Batch Picking

Metode batch picking mengharuskan petugas pengambil barang untuk mengambil beberapa barang dari beberapa pesanan, dengan SKU yang sama pada waktu yang sama.

Cara ini akan sangat membantu bila Anda memiliki beberapa pesanan dengan SKU yang sama. Ketika itu terjadi, petugas hanya perlu melakukan sekali perjalanan ke lokasi pengambilan untuk SKU tertentu tersebut.

● Zone Picking

Metode ini disebut juga dengan pick-and-pass picking. Metode ini mengharuskan petugas untuk mengambil barang di zona tertentu yang sudah ditentukan.

Mereka bertanggung jawab untuk memilih semua SKU yang terletak di zona tersebut untuk setiap pesanan.

Ketika pesanan memerlukan beberapa SKU yang berada di zona yang berbeda, maka barang harus diambil secara bergiliran dari setiap zona, misalnya ketika seluruh SKU dari zona 1 sudah diambil, maka petugas dapat melanjutkan untuk mengambil barang dari zona 2 dan seterusnya hingga diletakkan ke area pengemasan atau langsung ke pengiriman.

● Cluster Picking

Cluster picking adalah proses mengambil beberapa barang dari beberapa pesanan dalam sekali perjalanan dan kemudian menaruhnya ke wadah yang berbeda.

Biasanya, troli dorong digunakan untuk menampung barang-barang yang diambil. Setiap pesanan harus ditaruh ke dalam nampan yang berbeda yang ada pada troli.

Baca Juga : 9 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Aplikasi Pengelolaan Keuangan

● Wave Picking

Wave picking mengharuskan petugas untuk mengambil barang dari satu pesanan, satu SKU, pada satu waktu.

Dalam metode ini, pesanan dapat dijadwalkan untuk diambil pada waktu-waktu tertentu dalam satu hari, untuk mengoordinasikan dan memaksimalkan proses pengambilan dan pengiriman.

Dengan sistem aplikasi untuk manajemen gudang dari Jurnal, Anda dapat menjadwalkan pengambilan barang Anda serta menemukan lokasi setiap barang berdasarkan SKU dan nomor serinya hanya dalam hitungan detik.

5. Implementasikan Aplikasi Manajemen Gudang

Untuk mempercepat proses pengambilan barang, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki manajemen gudang yang efisien.

Aplikasi gudang adalah sebuah perangkat lunak pada sistem komputer yang menawarkan bantuan serta mendukung kegiatan operasional perusahaan khususnya pada sistem pergudangan pada sebuah perusahaan.

Adapun kegiatan yang biasanya dilakukan oleh software tersebut meliputi kegiatan pencatatan kuantitas barang yang masuk dan keluar dari gudang, menyimpan data nomor seri dan tanggal kadaluarsa produk, serta mencatat mutasi persediaan antar gudang.

Sistem gudang merupakan salah satu komponen yang penting bagi perusahaan, lho. Hal ini disebabkan perusahaan sangat perlu untuk memantau inventory (persediaan) yang mereka miliki.

Apalagi jika Anda bergerak pada bidang bisnis yang menuntut aktivitas pendistribusian dengan frekuensi tinggi. Tentunya sistem gudang menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan.

Sekarang coba deh Anda bayangkan! Tanpa adanya software berbasis aplikasi gudang, maka perlakuan terhadap inventory akan dilakukan secara manual.

Mulai dari pencatatan barang masuk dan keluar yang jumlahnya sangat banyak per harinya hingga harus menghitung item persediaan yang tersedia secara benar.

Dengan sistem yang manual, maka Anda harus membutuhkan waktu dan biaya yang tambah besar. Belum lagi jika terjadi human error misalnya salah duplikasi data atau kesalahan saat menginput data.

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Mengelola Data Karyawan dengan Baik

Padahal dalam dunia bisnis, jika terjadi kesalahan sedikit saja, dapat berdampak fatal bagi bisnis Anda.

Nah, oleh karena itu software berbasis aplikasi gudang hadir untuk semakin mempermudah aktivitas bisnis Anda.

Selain untuk menghindari terjadinya human error, dengan menggunakan software gudang juga dapat menghemat biaya, lho.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Gudang

1. Kemudahan dalam Mengatur Saldo Keuangan

Aplikasi gudang berbasis menawarkan kemudahan dalam mengatur keuangan perusahaan, lho. Hal ini disebabkan adanya fitur khusus yang dapat membantu Anda untuk melakukan pencatatan dan merekam laporan keuangan perusahaan.

Jadi, Anda tak perlu khawatir kesulitan memantau laporan keuangan. Dengan bantuan aplikasi gudang berbasis Software, pengaturan finansial jadi lebih mudah sehingga Anda dapat memastikan stok persediaan tanpa perlu ribet.

2. Efisien dan Akurat

Manfaat utama dari adanya software gudang yakni sistem pencatatan yang efisien dan pelaporan data yang akurat. Aplikasi gudang berbasis software mampu melakukan pelacakan persediaan yang harus segera dikeluarkan.

Dengan berkurangnya jumlah persediaan, maka akan menghemat biaya dan juga tenaga yang dibutuhkan.

Aplikasi gudang berbasis software juga bisa melakukan pendataan persediaan secara cermat, misalnya melakukan perkiraan persediaan apa yang tersedia di gudang berikut jumlah yang harus dipenuhi dalam waktu dekat.

3. Hemat Biaya

Dengan menggunakan aplikasi gudang berbasis software, aktivitas pencatatan dan pelacakan persediaan dapat dilakukan melalui otomatisasi komputer.

Jika sebelumnya perusahaan harus melakukannya secara manual dan butuh tenaga serta waktu yang banyak, maka sekarang hal itu tak berlaku lagi karena adanya aplikasi gudang berbasis software.

Sehingga dapat memangkas jumlah tenaga yang berdampak pada berkurangnya biaya upah yang harus dikeluarkan perusahaan.

4. Menjaga Keseimbangan Stok Barang

Anda, menjaga keseimbangan stok barang ternyata sangat penting, lho. Jika stok barang yang ada kelebihan atau kekurangan, justru akan mendatangkan kerugian bagi perusahaan.

Dampaknya dapat menyebabkan kesalahan atas produk yang dipesan pelanggan yang dapat membuat pelanggan kecewa bahkan tidak percaya lagi dengan integritas perusahaan. Serem, kan? Nah, dengan menggunakan software gudang dapat mencegah hal-hal yang justru merugikan perusahaan.

Baca Juga : Alasan Mengapa Menggunakan Aplikasi Database Karyawan Penting untuk Perusahaan

5. Hemat Waktu

Selain menghemat biaya, menggunakan software gudang juga dapat menghemat waktu, lho. Anda masih ingat pepatah waktu adalah uang, kan? Apalagi bagi dunia bisnis, waktu merupakan modal yang sangat berharga.

Dengan menggunakan software gudang, pekerjaan dilakukan dengan cara otomatisasi komputer. Sehingga waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Adapun waktu sisa yang tersedia dapat digunakan perusahaan untuk fokus mengerjakan hal lainnya. Masih Bingung Memilih Aplikasi Gudang? Jurnal by Mekari Aja!

Anda masih bingung mau menggunakan aplikasi gudang apa? Nih, kami beri tahu software gudang no kaleng-kaleng yang terbukti Kualitasnya yakni software akuntansi Jurnal by Mekari.

Nah, Jurnal by Mekari merupakan aplikasi keuangan yang dapat memenuhi segala kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari pencatatan, analisis, hingga proses pelaporan keuangan. Jurnal by Mekari menawarkan banyak fitur penting, lho.

Salah satunya fitur yakni aplikasi gudang. Melalui fitur tersebut, Anda dapat memantau stok barang di gudang secara real time.

Mau melacak stok opname juga bisa, kok. Anda juga bisa membuat surat jalan dan terintegrasi secara langsung dengan fitur penjualan dan pembelian.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan update laporan produk apa yang paling laris, jumlah laba yang diperoleh, serta laporan stok produk yang kosong secara real time.

Nah, informasi tersebut dapat membantu Anda mengambil keputusan secara tepat demi kemajuan bisnis.

Anda juga tak usah repot lagi memasukkan data satu per satu ke software Jurnal by Mekari. Hanya dengan mengetik data dari excel dan upload, urusan input data sudah beres. Gimana simpel, kan?

Selain berbagai kemudahan yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi kemudahan yang ditawarkan Jurnal by Mekari.

Yakin nih masih enggan gabung dengan Jurnal by Mekari? Yuk buktikan sendiri dan join dengan Jurnal by Mekari sekarang juga. Mumpung ada promo gratis penggunaan selama 14 hari.

Oh, iya. Jurnal by Mekari dapat digunakan di PC dan juga handphone. So, Anda bisa memantau bisnis darimana dan kapan saja. Mulai sekarang, jangan ragu tinggalkan cara lama! Gunakan Jurnal by Mekari demi bisnis yang lebih baik!

Kesimpulan

Nah, demikian artikel mengenai aplikasi gudang. Semoga informasi yang terdapat pada artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda, ya!

Software gudang merupakan bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas bisnis perusahaan. Dengan menggunakan software gudang, pekerjaan bisnis dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Hemat biaya pula. Nah yang tak kalah penting, informasi yang dihasilkan akurat sehingga dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis.

Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi yang menawarkan fitur aplikasi gudang yang menawarkan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Yuk, tinggalkan cara lama dan jangan ragu bergabung dengan Jurnal by Mekari sekarang juga! ***