Batik Air Tiba-tiba Terhenti di Runway Bandara Juanda, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi Batik Air (jpnn)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Pesawat Batik Air nomor penerbangan ID-6309 terhenti saat sudah di landas pacu atau runway Bandara Internasional Juanda di Sidorajo, Jawa Timur, Minggu (22/5).


Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan di saat pesawat bergerak pelan memasuki landas pacu.

Lalu pilot merasakan pergerakan pada roda tidak sesuai dengan yang semestinya (pesawat terhenti atau stuck) sehingga perlu dilakukan pengecekan.


“Hasil pengecekan diketahui bahwa roda atau ban pesawat memasuki area aspal pada ujung landas pacu Juanda yang mengalami penurunan dari permukaan (agak amblas),” kata Danang dalam keterangan resminya, Minggu (22/5).

Menurut Danang, pesawat itu perlu direposisi menggunakan kendaraan penarik (tow truck) untuk mempermudah keluar dari area landas pacu yang agak amblas.

Dia mengatakan dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pesawat ditarik kembali menuju landas parkir.

“Hasil pemeriksaan teknisi dan pilot pada pesawat bahwa pesawat dimaksud dalam kondisi baik, layak terbang, dan aman (tidak mengalami kerusakan),” katanya.

“Setelah pesawat parkir dengan sempurna pada tempatnya, seluruh penumpang diarahkan ke ruang tunggu,” tambahnya.

Dia mengatakan pesawat Batik Air ID-6309 rute Surabaya-Jakarta, via Bandara Internasional Juanda-Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, membawa enam kru dan 151 tamu, dan dijadwalkan lepas landas pukul 09.10 WIB.

Danang mengatakan operasional Batik Air ID-6309 telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP). Batik Air penerbangan ID-6309 telah dipersiapkan secara tepat.

“Sebelum keberangkatan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUJ dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre flight check),” katanya.

Batik Air telah menginformasikan dampak yang timbul kepada seluruh penumpang.

Batik Air mempersiapkan kembali penerbangan ID-6309 masih di hari yang sama, Minggu (22/ 5).

Pesawat berangkat pukul 12.58 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 14.13 WIB. (ral/jpnn/pojoksatu)