Politisi Golkar Ikut Tanggapi Deportasi UAS, ‘Tudingan Radikalisme Singapura Harus Dibuktikan’

Ustadz Abdul Somad atau UAS (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Politisi Golkar Ace Hasan Syadzily meminta Singapura membuktikan bahwa Ustadz Abdul Somad (UAS) mengancam keselamatan negara karena menyebarkan radikalisme dan ekstrimisme.


Ace Hasan Syadzily meminta Singapura membuktikan bahwa Ustaz Abdul Somad (UAS) mengancam keselamatan negara karena menyebarkan radikalisme.

Politisi Golkar itu mengatakan, pemerintah Singapura harus meluruskan apa saja isi ceramah UAS yang mengandung radikalisme.


“Tentu harus diluruskan juga apa saja yang ceramah ceramahnya yang dinilai memang mengandung unsur radikalisme dan mengarah kekekerasan atas nama agama,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini, Rabu (18/5).

Politisi Golkar itu menyatakan bahwa pembuktian dan penjelasan dari Singapura diperlukan mengingat UAS mempunyai pengikut yang cukup besar di Indonesia.

“Apa yang disampaikan pemerintah Singapura harus dibuktikan karena bagaimanapun UAS juga memiliki pengikutnya yang cukup besar di Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap peristiwa UAS dideportasi dari Singapura tidak membuat hubungan diplomatik Indonesia dengan Singapura terganggu.

Politisi Golkar ini menilai setiap negara berhak menentukan kebijakannya.

Namun begitu, Ace tetap meminta alasan yang jelas dari pemerintah Singapura terkait penolakan UAS menurutnya, harus ada dijelaskan dengan alasan yang jelas.

“Namun tentu penjelasan dari pemerintah Singapura tentu kita harus dapat membuktikan terhadap tuduhan atau penjelasan yang mengatakan bahwa UAS tersebut memang dinilai memiliki pandangan yang bisa mendorong terhadap ekstremisme atau radikalisme,” katanya. (ral/rmol/pojoksatu)